by

Selama Ramadhan Goa Sunyaragi Tetap Beroperasi

KOTA CIREBON, SC – Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS) memastikan selama bulan Ramadhan, tempat tujuan wisata sejarah itu akan tetap beroperasi. Pengelola bahkan telah menyiapkan sejumlah program untuk pengunjung yang masuk TAGS selama Ramadhan.

Kepala Bagian Humas Badan Pengelola TAGS, Eko Ardi Nugraha mengatakan, sejumlah program yang disiapkan pengelola di antaranya, Ngabuburit on Sunyaragi dan pentas kesenian khas Cirebon.

Menurut Eko program-program itu sengaja disiapkan pengelola untuk memanjakan pengunjung sambil menunggu azan Magrib selama Ramadhan. 

“Setiap bulan Ramadhan kami pengelola buatkan program khusus, seperti Ngabuburit on Sunyaragi dan penampilan pentas seni setiap akhir pekan,” kata Eko kepada Suara Cirebon melalui pesan aplikasi WhatsApp, Senin (4/4/2022).

BACA JUGA: Ekonomi di Kota Cirebon Kembali Menggeliat

Konsep program Ngabuburit on Sunyaragi, menurut Eko, dengan membuat pasar takjil di halaman parkir dan halaman pasar seni. Untuk program ini, pihaknya berkerja sama dengan masyarakat setempat dan para pelaku UMKM.

“Kami membuka pasar makanan khas berbuka puasa (takjil) di sekitar halaman parkir yang bekerja sama dengan warga sekitar dan sejumlah pelaku UMKM di Kota Cirebon,” tambahnya.

Program lainnya, yakni pementasan kesenian tradisional khas Cirebon seperti pagelaran tari topeng dan sintren yang digelar setiap akhir pekan.

BACA JUGA: Pohon Besar di Goa Sunyaragi Ditebang

Untuk harga tiket di bulan Ramadhan, menurut Eko, tidak ada perbedaan seperti dihari biasanya. Bahkan jika menjelang waktu berbuka puasa akan dibagikan air mineral gratis bagi pengunjung.

“Harga tiket tetap Rp15 ribu untuk umum dan Rp10 ribu untuk pelajar atau mahasiswa, tidak ada perubahan,” pungkasnya.

Sementara itu, tingkat kunjungan di Goa Sunyaragi sudah mulai terjadi peningkatan di bulan Maret ini. Hal ini dikarenakan adanya pelonggaran aktivitas masyarakat oleh pemerintah.

“Jika di bulan Februari angkanya hanya 3.848 pengunjung akibat pemberlakuan PPKM, di bulan Maret ini ada peningkatan pengunjung yang signifikan,” ujar Kepala Bagian Tiket dan Pengujung, RR Gumiwang Kencananingrat.

BACA JUGA: Memuaskankah Kinerji Gubernur Ridwan Kamil

Pihaknya juga akan membuka objek wisata Goa Sunyaragi di hari Lebaran pertama dan kedua.

“Banyaknya animo masyarakat untuk berwisata di hari Lebaran membuat kami tetap membuka Goa Sunyaragi di Hari Raya Idul Fitri,” imbuh Gumi sapaan akrabnya. (Surya)

Comment