by

RSD Gunung Jati Ditunjuk Jadi Jejaring RS Cardiovascular

KOTA CIREBON, SC- Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon ditunjuk menjadi salah satu rumah sakit rujukan jejaring RS cardiovascular atau layanan penyakit jantung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Direktur Utama RSD Gunung Jati Cirebon, dr Katibi mengatakan, RSD Gunungjati merupakan salah satu dari tiga rumah sakit (RS) di Jawa Barat yang ditunjuk menjadi rumah sakit rujukan pelayanan penyakit jantung. Dua rumah sakit lainnya yakni RS Hasan Sadikin Bandung dan RSUD Karawang.

“Rumah sakit kami (RSD Gunung Jati) telah ditunjuk sebagai salah satu dari tiga rumah sakit di Jabar yang menjadi rumah sakit jejaring cardiovascular atau jantung,”ungkap Katibi, Kamis (7/4/2022).

BACA JUGA: RSD Gunung Jati Cirebon Siapkan Layanan Kedokteran NuklirĀ 

Menurut Katibi, nantinya di RSD Gunung Jati Cirebon akan ada berbagai pelayanan penyakit jantung, sehingga dari waktu ke waktu pihaknya terus mendapatkan bimbingan dari RS Pusat Jantung Harapan Kita.

“Kami terus melatih SDM ke Rumah Sakti Harapan Kita. Karena nantinya ada berbagai pelayanan jantung di RSD Gunung Jati, seperti intervensi jantung dan pelayanan bedah jantung,” katanya.

Mengenai gedung, pihaknya sedang melakukan proses pemilihan jasa konsultan gedung pelayanan cardiovascular terpadu.

Di sisi lain, pihaknya juga sedang mengusulkan pembangunan gedung cardiovascular kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk tahun 2023.

BACA JUGA: RS Sumber Waras Kenalkan Alat Canggih Penghancur Batu Ginjal

“Sehingga rancang bangunannya di bulan Agustus itu sudah selesai. Untuk kesiapan nya, tahap demi tahap sudah mulai kami cicil,” ujarnya.

Dijelaskan Katibi, nantinya pelayanan jantung di RSD Gunung Jati untuk mengcover di wilayah Jawa Barat timur, seperti Kuningan, Majalengka, Ciamis, Banjar dan Pangandaran. (Surya)

Comment