by

Tangkal Sikap Radikal di Kalangan Mahasiswa, FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon Selenggarakan Stadium General

CIREBON, SC- Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Ciebon menggelar acara stadium general di lantai 3 gedung pascasarjana kampus setempat, Senin (26/8/2019). Acara yang diikuti pimpinan fakultas, jurusan, tenaga kependidikan, dan 300 mahasiswa di lingkungan kampus setempat ini membahas tentang pemahaman pendidikan islam yang unggul dan moderat.

Dekan FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Farihin Nur MPd menjelaskan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin menangkal sikap radikalisme di kalangan mahasiswa dengan memberikan pemahaman tentang pendidikan islam yang baik dan benar. Selain itu, pihaknya juga memberikan berbagai referensi yang bisa dipertanggungjawabkan, sehingga para mahasiswa memiliki wawasan yang luas tentang pendidikan islam.

“Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon memiliki persepsi yang komprehensif tentang pendidikan islam. Insan akademik yang ada di sini juga berwawasan moderat yang jauh dari sikap-sikap radikal,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon diberikan kebebasan dalam berfikir, tapi hal itu tentunya dibatasi dalam koridor islam yang moderat. Sehingga radikalisme di mahasiswa kampus ini bukan dalam tindakan, tetapi hanya dalam tataran literasi sebagai bahan untuk memahami keilmuan tentang pendidikan islam yang sebenarnya.

“Radikalisme di FITK atau IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini hanya pada sebatas literasi bukan dalam tindakan. Untuk menangkal sikap-sikap radikalisme itu kami juga mencegahnya melalui berbagai kegiatan, seperti stadium general, seminar, dan berbagai kegiatan lainnya. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan persepsi yang komprehensif dan holistik baik dalam tataran mahasiswa mau pun dosen,” pungkasnya. (Arif)

Comment