by

Bhakti Manunggal TNI Bangun Jalan dan Rutilahu

GEGESIK, SC- Bupati Cirebon H Imron Rosyadi membuka kegiatan Bhakti Manunggal Siliwangi Satata Sariksa (BMSSS), di Desa Sibubut, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Kamis (31/10).

Acara tersebut dihadiri pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para Kepala SKPD terkait, Muspika Kecamatan Gegesik, para Camat, para Kuwu diwilayah Kecamatan Gegesik, tokoh masyarakat, lembaga desa dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon H Imron Rosyadi, menyampaikan, kegiatan itu merupakan salah satu metode untuk lebih memudahkan mendapatkan akses peningkatan taraf hidup yang layak. Program BMSSS dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan pemberdayaan sesuai kebutuhan masyarakat.

Dikatakan Imron, Sibubut merupakan lokasi BMSSS yang memiliki potensi besar untuk dibina menjadi kekuatan pertahanan yang dapat menghadirkan kemajuan bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Dijelaskan Bupati, dengan hadirnya BMSSS itu diharapkan mampu menumbuhkembangkan dan merekatkan jiwa persatuan dan kesatuan antara masyarakat dengan TNI. Sehingga pada giliriannya dapat bahu membahu membangun Kabupaten Cirebon dengan satu tekad dan tujuan yang sesuai dengan visi misi Kabupaten Cirebon.

“Ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Cirebon yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Cirebon yang berbudaya, sejahtera, agamis, maju dan adil,” kata Bupati.

Lebih jauh Imron menjelaskan, sumber dana program BMSSS merupakan bantuan keuangan dari Pemkab  Cirebon yang digunakan untuk mendanai pelaksanaan kewenangan desa. Berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa yang diatur dan diurus oleh desa, dengan didasari prinsip-prinsip keadilan, efektif, terarah, terkendali dan tepat sasaran. 

“Adanya program BMSSS ini merupakan bantuan yang sangat besar dari pemerintah dan jajaran TNI serta pihak-pihak swasta untuk bersama-sama memberikan layanan kepada masyarakat. Meliputi pembangunan fisik berupa pembangunan rabat beton, saluran pembuangan air limbah, rehab rutilahu dan pembuatan pos kamling maupun non fisik berupa penyuluhan, pelayanan dan pembinaan,” sambungnya. 

Bupati berharap, masyarakat desa Sibubut akan sungguh-sungguh menyambut program tersebut dengan kesiapan penuh. Sehingga target sasaran yang ingin dicapai dapat direalisasikan dengan baik dan manfaat program akan berdampak secara multidiminesial.

Dengan pengertian, bahwa hasil pembangunan yang dilakukan bisa turut dirasakan oleh masyarakat dari desa tetangga. Dalam kesempatan itu, diberikan pula bantuan stimulan berupa semen, alat olahraga, bibit ikan dan sarana pertanian. Bantuan stimulan tersebut diberikan oleh pihak swasta dan Pemkab Cirebon melalui dinas terkait kepada kelompok masyarakat desa Sibubut. Bupati juga meninjau lokasi pembangunan fisik di tiga titik yang sedang berlangsung di desa tersebut. (Islah)

Comment