by

Rp 5 M untuk Kawasan Wisata Panyaweuyan

MAJALENGKA, SC- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berupaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di semua daerah,termasuk Kabupaten Majalengka. Terkait dengan hal itu tahun ini, Pemprov Jawa Barat mengucurkan anggaran yang cukup besar guna menata kawasan wisata unggulan Panyaweuyan,yang berlokasi di Kecamatan Argapura.Anggaran yang telah dikucurkan Pemprov guna penataan kawasan wisata Panyaweuyan, sebesar Rp 5 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)  Kabupaten Majalengka, H.Gatot Suherman mengatakan,Pemprov Jawa Barat tahun ini memberikan bantuan anggaran sebesarRp 5 miliar.

Anggaran tersebut akan dipergunakan  untuk melakukan penataan obyek wisata Panyaweuyan dan sekitar kawasannya.  “Tahun ini proses pengerjaan sudah mulai dilakukan.Untukpengerjaan tahap pertama penataan ini diharapkan selesai tahun ini,” katanya,Senin (4/11).

Pengerjaan tahap pertama dilakukann pada bukit panyaweuyannya,mulai dari pembangunan tangga menuju puncak bukit. Diharapkan dengan pembangunan tangga menuju ke puncak bukit,keamanan dan kenyamanan pengunjung akan tebih terjamin.\

”Nanti juga akan dibangun gasibu-gasibu di sekitar kawasan,termasuk di puncak bukitnya akan ada bangunan seperti pendopo,”jelasnya.

Selain lokasi wisata, kedepan juga kata Gatot akan dilakukan penataan dan perbaikan jalan akses menuju kawasan wisata.”Kedepannya juga akan dibuat penginapan sederhana semacam home stay, sehingga pengunjung  yang  akan bermalam bisa menginap,” jelasnya.

Kepala Dinas Bina Margadan Cipta Karya (BMCK) Majalengka,H.EmanSuherman di tempat terpisah menjelaskan,bahwa diperlukan anggaran sekitar Rp 40 miliar untuk penataan obyek wisata unggulan Panyaweuyan. BMCK Majalengka juga telah menyiapkan anggaran khusus untuk mendukungnya.

“Pemkab juga telah menyiapkan anggaran untuk menopang sisi perekonomian masyarakat,sehingga masyarakat di sekitar obyek wisata juga bisa meningkatkan perekonomiannya,” jelasnya. (Dins) 

Comment