by

176 Pramuka Dilatih Menyelam

KOTA CIREBON, SC- Sebanyak 176 anggota Pramuka Saka Bahari dari wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu (CIC) kuti pelatihan menyelam yang dipandu langsung Inspektur dari Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cirebon.

Dikatakan Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, kegiatan selam dasar ini, masih bagian dari kegiatan Kemah Gerakan Cinta Bahari Pelatihan Bela Negara. 

Sesuai dengan amanat, lanjut Agung yang tertera di Undang Undang nomer 23 tahun 2019  tentang pengelolaan sumber daya nasional sebagai pertahanan negara.

Dikatakan Agung, TNI Angkatan Laut (AL) telag memiliki kewajiban yang sangat besar untuk mengimplementasikan UU no 23 tersebut, yakni memberikan kewajiban untuk penyuluhan, serta memberikan kesadaran kepada generasi muda arti pentingnya bela negara.

“Kegiatan ini salah satunya adalah pengenalan selam dasar, sehingga mereka, sebagai generasi muda yang memang notabenenya Cirebon ini adalah Kota Maritim yah, dekat dengan pantai mereka akan lebih cinta tentang maritim dengan melalui olahraga selam dasar,” katanya kepada Suara Cirebon, Sabtu (14/12).

Ia mengatakan, tak hanya kegiatan pelatihan selam dasar yang TNI AL berikan kepada peserta, masih banyak kegiatan lainnya, yang akan disambung sampai malam hari.

“Nanti malam kita akan melaksanakan beberapa kegiatan, yaitu penyuluhan, dari Kesbangpol dari Kota dan Kabupaten Cirebon serta penyuluhan tentang kemaritiman dan kelautan,”katanya.

Selain itu, pihaknya pun juga akan menampilkan video visual tentang TNI AL dan tentang maritim, lanjut Agung, di pagi hari, pihaknya akan mengajak peserta untuk bersih-bersih pantai di pantai Kejawanan.

Adapun teknik dasar yang harus diketahui peserta, dikatakan Agung, yang pertama harus mengetahui alat-alat selam, agar mereka mengetahui alat-alat selam yang mendasar.

“Ini kan sifatnya selam dasar yah, pasti teknik yang pertama mengenalkan alat-alat selam, bagaimana mereka mengetahui alat-alat selam yang mendasar, dan seting peralatan selam, kemudian juga penggunaan dan fungsi kegiatan dari selam dasar itu sendiri,”ujarnya.

Lanjut Agung, fungsi dari kegiatan selam dasar itu sendiri, selain eksplor kegiatan dibawah air, akan tetapi selam dasar ini dapat dilakukan untuk Search And Rescue (SAR).

“Jadi supaya para pelajar Pramuka Saka Bahari mereka akan lebih berminat dengan olahraga perairan,”ucapnya. (M Surya)

Comment