by

Ini Jadwal Pembatasan Kendaraan di Jalan Tol Selama Nataru, Kendaraan Besar Diarahkan ke Jalan Arteri

Pengguna jalan agar lebih berhati-hati saat melintasi jalan arteri yang dipenuhi kendaraan-kendaraan besar

Memasuki libur Natal dan tahun baru, PT Lintas Marga Sedaya selaku pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan yang kini memilki brand name ASTRA Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Infra tol Cipali) siap memberikan pelayanan terbaik untuk pengguna jalan. Baik peningkatan pelayanan operasional, infrastruktur, pendukung transaksi, maupun pelayanan kondisi jalan hingga pelayanan keamanan 24 jam.

Mengantisipasi kepadatan lalu lintas, mulai hari ini sejak pukul 06.00 sampai 18.00 WIB, sistem rekayasa lalu lintas satu arah (one way) diberlakukan di jalan tol Cikopo – Palimanan (Cipali). One way diberlakukan mulai KM 70 GT Cikatama sampai KM 414 GT Kalikangkung. Kebijakan tersebut dilakukan karena diprediksi akan terjadi kenaikan pengguna jalan pada jalur tol Cikampek kearah Jawa sebesar 6% dibanding tahun lalu.

GMO PT Lintas Marga Sedaya, Suyitno mengatakan, Jalan Tol Cipali siap menerima kendaraan dari arah
Cikampek. “Hingga saat ini arus lalu lintas terpantau lancar. Pemberlakuan one way juga akan berdampak pada rest area yang sepi pengunjung. Di GT Palimanan situasi arus lalu lintas masih terkendali, sementara antrean du exit arah Jateng normal, demikian juga dengan antrance arah Jaya, antrian juga normal,” jelasnya.

Menurutnys, kelancaran saat liburan ini juga didukung Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan yang mengeluarkan peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Tentang Pengaturan Lalu Lintas dan Pembatasan Pengoperasian Mobil Barang pada Masa Angkutan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Pembatasan operasional bagi kendaraan barang ini berlaku pada periode Natal 2019, mulai tanggal 20-21 Desember 2019. Dilanjutkan pada tanggal 25 Desember 2019 serta periode Libur Tahun Baru 2020, mulai 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020,” ungkapnya.

Meski demikian, kata Suyitno, ASTRA Infra tol Cipali juga tetap mengantisipasi jika terjadi lonjakan kendaraan dengan menyiapkan manajemen lalu lintas. Tahun ini ASTRA Infra Tol Cipali yang merupakan salah satu bagian dari ASTRA Infra turut mendukung dalam mengkampanyekan liburan Nataru yang SANTUI, suatu pengalaman liburan berkendara dengan selamat, aman, nyaman, tertib, update dan informatif.

“Sementara dari aspek keselamatan, berbagai fasilitas pendukung jalan tol seperti guardrail, wire rope, rumble dot, rumble strip, rambu dan marka jalan telah terpasang dengan baik,” tukasnya.

Dampak pembatasan waktu operasional kendaraan barang pada periode Natal dan tahun baru 2020, membuat arus lalulintas di jalan arteri padat. Bahkan, kendaraan besar yang biasanya melintas jalan tol, selama ada pembatasan tersebut diarahkan menggunakan jalan arteri.

Akibatnya, pengguna jalan harus lebih berhati-hati saat melintasi jalan arteri yang dipenuhi kendaraan-kendaraan besar. “Tidak seperti biasanya, banyak kendaraan besar, seperti bus dan truk besar yang melintas jalan ini. Kepada pengguna jalan says berpesan untuk lebih berhati-hati aja,” ujarnya. (Kirno)

Comment