by

Jalan Hubung Japura Kidul dan Japura Lor Rusak Berat

CIREBON, SC- Kondisi jalan penghubung Desa Japura Kidul, Kecamatan Astanajapura dan Desa Japura Lor, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon kondisinya rusak parah. Hal itu sangat membahayakan para pengguna jalan.

Kondisi tersebut dikeluhkan pengguna jalan, Sodikin saat melintasi jalan tersebut. Ia tidak habis pikir kenapa jalan yang rusak ini tak kunjung dilakukan perbaikan. Sementara jalan tersebut vital bagi aktivitas masyarakat Desa Japura Kidul, Japura Lor, Beringin dan lainnya.

“Jalan tersebut seharusnya segera diperbaiki. Kondisinya rusak. Tidak hanya berlubang, tetapi juga bergelombang,” sambungnya.

Terkait hal itu, Suara Cirebon mencoba melakukan konfirmasi kepada Kuwu Desa Japura Kidul, Dawud, Selasa (14/1). Baginya, ini dilemma, karena masyarakat menilai pihak pemerintah desa tidak peduli. Namun yang perlu diperhatikan adalah kewenangan untuk memperbaiki jalan tersebut adalah pihak pemerintah kabupaten.

“Karena memang jalan ini adalah jalan kabupaten, sementara kami sudah memiliki aturan dan tata cara dalam menggunakan anggaran. Namun demikian, kami sudah kerap kali mengajukan permohonan kepada instansi terkait agar segera dilakukan perbaikan, tetapi nyatanya sampai saat ini belum juga ada realisasinya,” ujarnya seraya mengatakan, kendala lainnya adalah jalan yang berada di dua desa.

Senada disampaikan dua perangkat Desa Japura Kidul, Ahid dan Dirgi. Keduanya mengakui kerusakan jalan sudah sangat lama dan banyak dikeluhkan warga, karena sangat membahayakan bagi pengguna jalan.

“Kami tentuya sangat mengharapkan agar segera dilakukan perbaikan. Kalau bisa jangan hanya diaspal, tetapi harus dilakukan betonisasi, karena tanah di sini sangat labil,” jelas Ahid.

Menurut informasi yang disampaikan kedua perangkat desa tersebut, ruas jalan yang rusak panjangnya dari lebih 1 kilometer. (Agus)

Comment