by

Target Jadi Tuan Rumah Porda 2022

SUMBER, SC- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cirebon menargetkan masuk 10 besar pada Porda tahun 2022 mendatang. Target tersebut dinilai realistis mengingat potensi dan capaian peringkat pada Porda sebelumnya yakni peringkat 16. Artinya, perolehan medali hanya terpaut 4 medali emas dengan kabupaten yang menempati peringkat 10. 

Ketua KONI Kabupaten Cirebon, Hengky Coernia menyampaikan, meski diakui sebagai tantangan, namun dirinya optimis target 10 besar bisa tercapai pada Porda 2022 mendatang. Karena, selain sudah banyak cabang olahraga (cabor) unggulan, KONI juga sudah mempersiapkan peningkatan potensi atlet yang ada.

BACA JUGA: Tiga Nelayan Asal Gebang Hilang di Perairan Sumatera

“Memang untuk porda 2022 bisa ke peringkat 10 itu tantangan. Tapi sebenarnya untuk 10 besar itu cuma selisih 4 medali emas. Saya optimis itu bisa kita kejar,” ujar Hengky di sela-sela Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Kabupaten Cirebon di kantor setempat, Minggu (26/1).

Dijelaskan Hengky, peningkatan potensi itu meliputi stimulan cabor dan pembinaan atlet itu sendiri. “Insya Allah tahun ini akan meningkatkan jumlah stimulan, dan untuk atlit-atlit yang punya potensi akan kita tingkatkan pembinaannya,” jelas Hengky.

Untuk itu, kata Hengky, melalui RAT tersebut KONI akan memperkuat program-program pada cabor yang menjadi unggulan dan cabor lain yang bisa menjadi unggulan. Pasalnya, banyak cabor baru yang punya potensi medali dan banyak pula atlet-atlet yang mulai berkembang. 

Pada Porda 2018 atlet-atlet tersebut berhasil menyumbangkan perak atau perunggu. Dan pada Porda tahun 2022 nanti, mereka juga berpotensi meraih emas.

Comment