by

Diberi Keterampilan, DSP3A Latih Disabilitas Untuk Mandiri

CIREBON, SC- Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kota Cirebon menggelar pelatihan tata boga bagi penyandang disabilitas di LPK Annida yang beralamat di Jalan Wanagati, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Rabu (19/2/2020).

Kepala DSP3A Kota Cirebon, Iing Daiman MSi melalui Kepala UPT Liposos, Panti Persinggahan, dan LBK, Astawi SE menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kulitas pelayanan, sarana dan prasarana rehabilitasi kesejahteraan sosial bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) tahun 2020.

“Kegiatan ini adalah pelatihan kepada para penyandang tunarungu, tunawicara, dan fisik yang diikuti 10 peserta. Pelatihannya sendiri dilaksankan selama 3 hari, yaitu Rabu sampai Jumat (19-21/2/2020) di LPK Annida,” jelas Astawi kepada Suara Cirebon di sela-sela kegiatan.

BACA JUGA: Situs Matangaji Diduga Dibongkar Oknum

Dalam pelatihan tersebut, dia menjelaskan, para peserta yang merupakan kaum difabel tersebut diajarkan berbagai jenis olahan makan. Seperti makanan kering dan basah. Sehingga, mereka mempunyai keahlian yang nantinya dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Kedepannya, setelah pelatihan ini akan dilakukan pemberdayaan sacara mandiri. Seperti membuat kewirausahaan untuk penderita disabilitas, sehingga mereka bisa berdaya dan mandiri serta bisa menjalani hidup seperti masyarakat normal pada umumnya,” ujarnya.

Comment