by

Bambang Mujiarto Berikan Bantuan APD ke RS dan Puskesmas di Kabupaten Cirebon

KABUPATEN CIREBON, SC- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Fraksi PDI Perjuangan, Bambang Mujiarto ST melakukan monitoring sambil membagikan APD ke rumah sakit dan tujuh puskesmas di Kabupaten Cirebon, Kamis (28/5/2020).

“APD ini diberikan kepada Rumah Sakit Arjawinangun dan tujuh puskesmas, yaitu Puskesmas Plumbon, Kedawung, Sumber, Mayung, Sedong, Babakan, dan Puskesmas Panguragan,” katanya.

Bambang menjelaskan, pemberian APD tersebut merupakan bentuk dukungannya kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Sebab, kata dia, tenaga medis beresiko terpapar virus corona sehingga dengan memakai APD ini diharapkan bisa melindunginya.

BACA JUGA: Gandeng Mitra Berbagi Sembako, Netty Prasetiyani: Jadikan Momentum Kebangkitan Nasional Untuk Tolak Indonesia Terserah

“Kita men-support agar mereka (tenaga medis) bisa bekerja maksimal. Karena bagaimanapun mereka adalah manusia, sama dengan kita, tidak ada bedanya. Dan pembagian APD ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada tenaga medis yang tengah berjuang di lini terdepan penanganan Covid-19,” tandasnya.

Menurutnya, dalam menangani penyebaran Covid-19 tidak bisa hanya mengandalkan tenaga medis, tapi juga dibutuhkan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi anjuran pemerintah untuk menerapkan protokal kesehatan, yaitu melakukan physical distancing, social distancing, dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kita semua tahu bahwa tim medis sudah begitu maksimum. Walaupun demikian, semua ini harus diimbangi dengan kedisiplinan masyarakat sebagai obyeknya,” ujarnya.

Terlebih, kata Bambang, perayaan Idul Fitri 1441 H kemarin menyisakan PR besar dalam menekan perkembangan Covid-19. Sebab dalam perayaannya mengisahkan interaksi sosial yang tinggi.

BACA JUGA: Dua Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara

“Yang seharusnya tidak berkerumun, akhirnya berkerumun. Yang harusnya diam di rumah, tetap bersilaturahmi, baik antar tetangga ataupun keluarga. Tentu protap kesehatannya pun jauh dari harapan sehingga memungkinkan penyebaran itu terjadi. Dan yang menjadi garda terdepan, tetap saja tenaga medis,” bebernya.

Bambang berharap, semua masyarakat bisa terbebas dari wabah Covid-19. “Semoga
Indonesia cepat selesai untuk Covid-19 terutama di Kabupaten Cirebon dan Jawa Barat,” pintanya.

Sementara Direktur RSUD Arjawinangun, dr H Bambang Sumardi MM MARS, mengaku senang dengan monitoring dan pemberian APD yang dilakukan anggota DPRD tersebut. Menurutnya perhatian yang ditunjukkan sangat berarti bagi rumah sakit dan tenaga medis.

“Ini menumbuhkan semangat baru ke kami untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada pasien Covid-19,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kabupaten Cirebon Akan Masuki New Normal

Apalagi, kata dr Bambang, saat ini APD sangat sulit didapatkan, harga di pasaran pun masih mahal, sementara tenaga medis sangat membutuhkannya.

“Kami sangat terharu atas perhatian dan kepedulian yang diberikan Pak Bambang kepada rumah sakit, terutama kepada tenaga medis yang berjuang di lini depan dalam menangani Covid-19,” pungkasnya. (Narsita)

Comment