by

Dua Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara

KABUPATEN CIREBON, SC- Setelah menggelar rapat koordinasi di aula Paseban Setda Kabupaten Cirebon, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon akhirnya sepakat untuk menutup sementara pasar Sumber. Hal itu, menyusul adanya dua pedagang pasar tersebut yang dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg, dalam konferensi pers mengatakan, penutupan pasar Sumber akan dilakukan pada Jumat (29/5/2020) oleh tim Gugus Tugas dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub dan Disdagin. Bukan hanya itu, tim juga akan menutup akses jalan menuju pasar tersebut. Menurutnya, penutupan akan dilakukan selama 14 hari kedepan.

“Selama pasar ditutup nanti akan dijaga oleh TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub,” ujar Imron, Kamis (28/5/2020).

Dengan adanya tambahan dua orang terkonfirmasi positif itu, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon kini menjadi 12 kasus. Dari jumlah tersebut, 6 orang sudah dinyatakan sembuh, 4 orang masih dalam perawatan dan 2 orang meninggal dunia.

“Kami sudah berkoordinasi dengan intansi terkait lainnya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 di pasar sumber,” kata Imron.

BACA JUGA: Kasus Terkonfirmasi Positif Covi-19 di Kabupaten Cirebon Bertambah Lagi, Jumlahnya Jadi 10 Kasus

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni menyampaikan, sebelumnya tim sudah melacak riwayat perjalanan dua pedagang pasar Sumber yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu. Tim Gugus Tugas juga sudah melacak sejumlah orang yang sempat kontak langsung dengan dua pedagang tersebut.

Hasilnya, kata Enny, salah satu pedagang diketahui punya riwayat perjalanan atau bolak-balik ke pasar Balong Kota Cirebon untuk berjualan. Sedangkan satu pedagang lainnya, diketahui pernah menerima tamu dari Bandung. Sedangkan untuk yang sudah kontak erat, tim mendata sedikitnya ada 40 orang yang diketahui pernah kontak langsung dengan dua pedagang tersebut.

BACA JUGA: Kesadaran Masyarakat Cukup Baik, Level Kabupaten Cirebon Jadi Zona Kuning

“Kedua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu keduanya pedagang. Yang satu pedagang ini setiap dua hari sekali berjualan juga di Pasar balong Kota Cirebon. Dan satu pedagang lagi dia sempat menerima tamu dari Bandung,” ungkapnya. (Islah)

Comment