by

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 Cluster Pasar di Kabupaten Cirebon Kembali Bertambah

KABUPAEN CIREBON, SC- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon kembali bertambah. Penambahan kasus positif Covid-19 itu kembali datang dari cluster pasar. Kali ini dari salah satu pasar desa di wilayah Kecamatan Pabuaran.

Hal itu sesuai dengan data yang diterima Suara Cirebon dari Gugus Tugas Kabupaten Cirebon pada Minggu (31/5/2020). Dimana, grafiknya menunjukkan ada satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Pabuaran. Data sebelumnya, di wilayah Kecamatan Pabuaran tidak tercatat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan, mengatakan salah satu pedagang yang terdeteksi positif Covid-19 berjenis kelamin perempuan dan berusia 53 tahun.

BACA JUGA: Sepakat Jalankan AKB, Lima Kepala Daerah di Ciayumajakuning Perketat Keluar Masuk Wilayah

Menurut Nanan, hasil itu diketahui dari pelaksanaan test swab massal di pasar tersebut yang dilakukan pada tanggal 28 Mei 2020. Kemudian sampel diperiksa dengan metode RT-PCR pada tanggal 29 Mei dan 30 Mei 2020 dengan hasil positif.

“Pemeriksaan sampelnya menggunakan metode RT-PCR pada 29 Mei malam dan pada 30 Mei pagi, dan hasilnya positif,” ujar Nanan.

Saat ini, kata Nanan, pasien menjalani isolasi di salah satu rumah sakit dengan beberapa gejala klinis seperti lemas, mual dan nyeri otot. Sedangkan hasil wawancara sementara dengan pasien, Nanan menyebutkan belum ditemukan adanya riwayat perjalanan pasien.

“Untuk riwayat perjalanan hasil wawancara sementara tidak ada, tetapi masih terus diperdalam,” tukas Nanan.

Dengan tambahan satu pasien positif itu, jumlah total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon menjadi 13 kasus. Dari jumlah tersebut, 6 orang dinyatakan sembuh, 5 orang masih dalam perawatan dan 2 orang meninggal dunia.

“Terdiri dari laki-laki 8 orang dan perempuan 5 orang,” paparnya.

BACA JUGA: Dua Pedagang Positif Covid-19, Pasar Sumber Ditutup Sementara

Ia menambahkan, pasar memang merupakan pusat keramaian atau tempat kerumunan orang. Sehingga sangat berpotensi terhadap penularan Covid-19. Oleh karenanya, Nanan mengimbau kepada masyarakat agar selalu memakai masker, menghindari tempat keramaian, selalu cuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, selalu membawa hand sanitizer, tetap menjaga jarak, jaga stamina dengan makan serta istirahat yang cukup sesuai protokol Covid-19. (Islah)

Comment