by

Pemdes Kertawinangun Bagikan BST Kemensos

KEDAWUNG, SC- Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos) mulai disalurkan kepada 1.009 warga di Desa Kertawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bertempat di kantor desa setempat, Jumat (22/05/2020).

Penyaluran BST Kemensos bagi masyarakat terdampak Covid-19 ini dilakukan oleh PT. Pos dan Giro Cabang Kedawung di kantor Desa Kertawinangun. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi kerumunan massa yang banyak, dan masyarakat penerima bantuan pun merasa aman.

Kuwu Kertawinangun, Dedi mengatakan, kegiatan pembagian BST Kemensos ini tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19. Yaitu, setiap warga diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak, dan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Bahkan, warga penerima BST pun datang ke kantor desa sesuai jadwal setiap RW-nya. Sehingga, dengan demikian tidak terjadi penumpukan massa.

BACA JUGA: Desa Munjul Gelar Musdesus, Kalau Ada Kesalahan Data Harap Maklum

“Penentuan penerima manfaat BST dari Kemensos bagi masyarakat terdampak Covid-19 ini ditetapkan langsung oleh Kemensos, dirinya hanya menindakanjuti data yang diterima agar dapat disalurkan kepada penerima manfaat. Penerima bantuan tersebut adalah masyarakat yang tidak mendapatkan program bantuan pemerintah seperti, BPNT, PKH, maupun bantuan lainnya,” kata Dedi.

Setiap KK, lanjut dia, menerima dana BST senilai Rp600 ribu per bulan dan akan diberikan selama tiga bulan, yaitu terhitung April, Mei, dan Juni. Sehingga total dana BST yang diterima tersebut sebesar Rp1,8 juta.

Dedi menjelaskan, syarat untuk pengambilan dana BST Kemensos tersebut, penerima manfaat harus membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) asli beserta fotocopy serta diwajibkan menggunakan masker selama kondisi belum membaik.

BACA JUGA: Gandeng Mitra Berbagi Sembako, Netty Prasetiyani: Jadikan Momentum Kebangkitan Nasional Untuk Tolak Indonesia Terserah

“Alhamdulillah, penyaluran BST Kemensos berjalan lancar. Semoga apa yang didapat oleh masyarakat dari sumber Kemensos dapat bermanfaat selama pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, menurut salah satu warga penerima BST Kemensos, Nova (42) mengungkapkan, dirinya merasa senang dan bahagia. Pasalnya, kata dia, dampak ekonomi saat pandemi Covid-19 dirasakan semua warga.

“Ditambah saat ini akan memasuki hari raya Idul Fitri, sehingga bansos ini sangat membantu dan bermanfaat bagi kami. Serta kami ucapkan banyak terima kepada pemerintah dan juga semua pihak,” pungkasnya. (Baim)

BACA JUGA: Musdesus Kertawinangun Tetapkan 176 KK Dapat Rp600 Ribu

Comment