by

Tak dapat PKH dan BPNT, Warga Kendal Ontrog Kantor Desa

KABUPATEN CIREBON, SC- Beberapa perwakilan warga Desa Kendal, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon mengontrog kantor desa setempat, Selasa, (12/05/2020). Salah seorang warga yang turut serta dalam aksi tersebut, Anah mengatakan, mereka menuntut pihak Pemerintah Desa Kendal untuk merealisasikan keinginan warga agar dapat merasakan manfaat dari program PKH/BPNT.

“Kami menuntut pihak pemdes untuk memberikan hak kami dalam memperoleh bantuan sosial baik berupa PKH maupun BPNT. Ini karena mereka yang selalu mendapatkan program tersebut orang orang kaya. Sementara kami warga miskin hanya bisa melihat saja,” katanya kepada Suara Cirebon.

Hal senada pun disampaikan warga lainnya, Khotimah. Dia mengungkapkan, dirinya tidak pernah merasakan program bantuan pemerintah. Padahal, kehidupannya serba kekurangan.

“Dari dulu saya belum pernah memperoleh bantuan, padahal kehidupan keluarga kami sangatlah serba kekurangan, tetapi kenapa mereka yang dapat bantuan uang atau beras justru dari keluarga mampu,” ujar wanita 60 tahun itu.

Baca Juga: TKSK Sumber Salurkan KKS

Sementara itu, Kuwu Kendal, H Abdul Basit menjelaskan, pihaknya akan mencari solusi terbaik terkait keinginan warga tersebut. Hal ini dilakukan agar apa yang menjadi keinginan mereka dapat terpenuhi.

Untuk itu, dia memaparkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan musyawarah untuk melakukan pembahasan dengan berbagai pihak. Sebagai langkah awal, lanjut dia, penerima PKH maupun BPNT dapat dilaksanakan secara bergantian, karena ini merupakan tuntutan warganya.

‚ÄúSementara dari pihak pemdes tidak dapat berbuat banyak, karena yang menentukan siapa saja yang menerima bantuan adalah dari pihak Kementrian Sosial, walaupun pada akhirnya tetap saja jika ada apa-apa, warga pasti akan menyalahkan pihak desa,” ucapnya.

Baca Juga: BLT-DD Desa Citemu Dibagi Rata

Setelah pihak Pemerintah Desa Kendal bersama unsur terkait lainnya memberikan penjelasan, warga membubarkan diri dengan raut wajah penuh harapan. (Agus)

Comment