by

BST Kemensos Tahap II di Desa Kertawinangun Cair

KEDAWUNG, SC- Bantuan sosial tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos) tahap II mulai disalurkan di Desa Kertawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Kamis, (11/6). Pencairan BST ini senilai Rp600 ribu yang disalurkan PT Pos di kantor desa setempat.

“‎Di Kertawinangun keluarga penerima manfaat untuk tahap II sebanyak 1.009 KK, kami laksanakan di kantor desa dengan harapan agar warga lansia tidak harus antre berjam-jam dan tidak berdesak-desakan di Kantor Pos,” Ungkap Kuwu Kertawinangun, Dedi kepada Suara Cirebon di sela-sela pembagian bansos.

Dedi mengungkapkan, kendati terjadi kerumunan dalam pencairan BST-Kemensos, namun pihaknya tetap mengedepankan protokoler kesehatan yang sudah ditetapkan. Seperti, menjaga jarak, menggunakan masker, dan melakukan penjadwalan untuk masyarakat yang datang ke kantor desa untuk mencairkan BST-Kemensos setiap RW-nya. Pembagian ini dimulai sejak pukul 09.00-17.00 WIB.

BACA JUGA: Pemdes Kertawinangun Bagikan BST Kemensos

Sementara, Seketraris Desa (Sekdes) Kertawinangun, Rosy Saputra mengatakan, pembagian lanjutan bansos bagi masyarakat Kertawinangun dari Kemensos tahap II tetap dilaksanakan di kantor desa. Pasalnya penerima BST-Kemensos sebanyak 1.009 KK. Sehingga, dengan banyaknya penerima yang ada di Kertawinangun maka akan terjadi antrian, jika warga langsung datang ke kantor pos untuk mencairkan bansos. 

“Pihaknya melaksanakan penyaluran BST-Kemensos tetap dengan mekanisme dan protokoler kesehatan selama masa pandemi Covid-19, serta warga mempersiapkan persyaratan seperti KTP maupun KK sesuai penerima manfaat tersebut, dengan demikian tidak terjadi antrian terlalu lama saat pencairan” ujarnya

Dia berharap agar masyarakat tetap mengedepankan kondusifitas dalam pencairan bansos dari Kemensos maupun dari sumber lainnya. Sedangkan untuk warga yang menerima dari sumber yang lainnya diminta tetap bersabar.

“Semua warga yang sudah terdata mendapatkan bantuan, dipastikan akan mendapat giliran sesuai jadwal pembagian bansos yang diterima Desa Kertawinangun,” ujarnya.

BACA JUGA: Musdesus Kertawinangun Tetapkan 176 KK Dapat Rp600 Ribu

Seorang penerima bansos warga dari RT 07 desa setempat, Apid mengaku bersyukur telah mendapatkan bantuan dari Kemensos. Pasalnya bantuuan ini sebagai tambahan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari selama masa pandemi Covid-19. 

“Alhamdulillah bantuan yang diterima sekarang ini sangat bermanfaat. Terimakasih kepada pemerintah pusat hingga daerah, dan tentunya kepada Pemdes Kertawinangun yang sudah menyalurkan bansos di kantor desa, sehingga kami sebagai warga tidak harus mengantre di kantor pos,” ungkapnya. (Baim)

Comment