by

Hasil Swab Massal, 1 Lagi Warga Sunyaragi Kota Cirebon Positif

KOTA CIREBON, SC- Beberapa hari lalu, sebanyak 64 warga RW 10 Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon telah menjalani swab tes massal, hasilnya terdapat satu warga yang positif Covid-19.

Diduga, satu warga tersebut terpapar dari dua pasien sebelumnya yang kini masih menjalani perawatan di salah satu rumah sakit swasta di Kabupaten Cirebon. Akan tetapi selain itu, warga tersebut juga pernah ada riwayat perjalanan ke daerah episentrum, yakni ke Jakarta selama delapan hari.

Hal tersebut seperti dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr Edy Sugiarto kepada Suara Cirebon usai rapat dengan Walikota Cirebon di Balaikota, Rabu (24/6/2020).

BACA JUGA: Warga Sunyaragi Jalani Tes Swab

“Dari 64 hasil swab kemarin itu hanya satu yang positif, yang lainnya Alhamdulillah negatif. Orang tersebut betul kontak erat sekali dengan dua pasien sebelumnya, tapi beberapa hari sebelumnya, kurang lebih 8 hari kemarin dia ke Jakarta,” kata Edy kepada Suara Cirebon.

Namun, dia mengakui, adanya satu warga yang positif ini belum tercatat dalam kasus tambahan positif di website resmi Pusat Informasi dan Kordinasi Covid-19 Kota Cirebon.

“Ia memang di website kami belum ada update, karena dari RSGJ belum mengirim surat kepada kami, info ini kami terima melalui WA,” tuturnya.

Menurut Edy, dengan adanya satu kasus positif di RW 10 ini, bisa saja akibat dari transmisi lokal, ataupun dari riwayat perjalan ke daerah episentrum.

BACA JUGA: Sebelumnya Reaktif, Kini 11 Warga Pesisir Kota Cirebon Negatif Covid-19

“Bisa saja dua peluang yah mas, dari transmisi lokal dan juga dari Jakarta. Saya juga duganya transmisi lokal, tapi ya itu combine, karena dia pernah ada riwayat ke Jakarta,” paparnya. (M Surya)

Comment