by

Perayaan Sederhana Warga Desa Babakan di Tengah Pandemi

SENIN, 15 Juni 2020, merupakan hari yang bersejarah bagi masyarakat Desa Babakan, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon. Pasalnya, tanggal tersebut bertepatan dengan hari jadi desa ini sejak dimekarkan pada 38 tahun silam, tepatnya pada 15 Juni 1982. Ada yang berbeda, perayaan hari jadi ke-38 tahun ini tetap dilaksanakan kendati di tengah pandemi Covid-19, namun perayaannya dilaksanakan secara sederhana. 

Rangkaian kegiatan perayaan Harjad ke-38 dimulai sejak minggu, (14/6) pagi dengan mengadakan kegiatan donor darah dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon dan bersih bersih lingkungan kampung di setiap dusun. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat akan pentingnya berbagi atas nama kemanusiaan serta demi menjaga lingkungan tetap bersih dengan melibatkan pemuda dalam kegiatan ini. 

Selain itu, Pemerintah Desa Babakan juga mengadakan acara syukuran dan doa bersama tokoh agama, tokoh masyarakat dan perwakilan setiap RT dan RW, serta  semua unsur dan elemen desa lainnya, bhabinkamtibmas dan Babinsa, bertempat di kantor desa setempat, Minggu malam, (14/6/2020).

BACA JUGA: Jalan Babakan – Karangsembung Rusak 

“Perayaan hari jadi ini merupakan yang pertama semenjak pemekaran desa. Namun dikarenakan mewabahnya virus Corona, sehingga kegiatan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari kami tangguhkan dulu, demi keselamatan masyarakat Babakan,” kata Kuwu Babakan, Ahmad kepada Suara Cirebon.

Momentum harjad ke-38 tahun, Pemdes Babakan berupaya menuju desa Maju, Asri, Ramah (Juara) dapat diwujudkan. Hal itu diterapkan dengan mengajak masyarakat tetap guyub, merasa memiliki desa, menjaga lingkungan aman dan kondusif, serta bersama-sama turut berperan aktif dalam membangun desa menjadi desa mandiri dan sejahtera.

BACA JUGA: Mulai Juli, Dokumen Kependudukan di Cirebon Gunakan Kertas HVS

“Alhamdulillah kegiatan hari jadi Desa Babakan, meskipun dilaksanakan secara sederhana namun penuh makna dan khidmat, masyarakat begitu antusias mengikuti semua kegiatan yang diadakan oleh desa, dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan selama kegiatan, dengan menggunakan masker dan mencuci tangan terlebih dahulu,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut Ahmad mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Babakan dan semua yang terlibat di dalam kegiatan HUT ke -38 tahun, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar. (Baim)

Comment