by

ASN Kabupaten Cirebon Aman dari Pemecatan Menpan-RB

KABUPATEN CIREBON, SC- Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon dipastikan aman dari target pemecatan yang akan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB), Tjahjo Kumolo.

Untuk diketahui, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI, Tjahjo menyebut 20 persen ASN bagian administrasi dari total 4,2 juta pegawai bakal diberhentikan. Sebanyak 20 persen atau 1,6 juta ASN akan dilakukan pemecatan karena dinilai tidak produktif. Pemberhentian jutaan ASN itu ditargetkan selesai Desember 2020 mendatang.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon, Iis Krisnandar menyampaikan, apa yang disampaikan oleh MenPAN-RB tersebut baru sebatas wacana. Namun, dia memastikan ASN di Kabupaten Cirebon tidak terkena rencana pemecatan tersebut. Pasalnya, sampai sekarang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon justru masih membutuhkan banyak ASN.

“Itu baru rencana menteri kan? Insya Allah di kita aman. Kan kita malah kekurangan ASN, apalagi nanti bakal banyak lagi PNS yang pensiun,” ujar Iis, Kamis (9/7/2020).

Menurut Iis, jumlah ASN di Pemkab Cirebon pada tahun 2010 sebanyak 17 ribuan PNS. Tapi di tahun ini jumlahnya tinggal 12 ribuan PNS. Artinya, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, ASN di Kabupaten Cirebon berkurang sekira lima ribuan orang. Iis menjelaskan, PNS di Kabupaten Cirebon akan kembali berkurang karena pada tahun 2021 dan 2022 nanti akan ada ratusan PNS yang pensiun.

“Setiap tahun jumlah yang pensiun 800 orang. Tahun ini juga sekitar 800 sampai 1000 PNS yang pensiun. Tapi yang banyak guru SD yang dulunya angkatan inpres,” kata Iis.

Selain itu, kata dia, juga ada beberapa kekosongan jabatan eselon II karena pejabatnya meninggal dunia. “Pejabat esselon II yang bakal pensiun 2021 di antaranya, Ali Effendi yang sekarang menjabat Kepala Dinas Pertanian dan Muhadi yang sekarang menjadi Staf Ahli di Setda bakal pensiun pada Januari 2021. Kemudian Supadi Priyatna yang sekarang menjabat Inspektur pada Inspektorat Kabupaten Cirebon bakal pensiun pada Februari 2021,” papar Iis.

BACA JUGA: Bupati Cirebon: Tiga ASN Disdukcapil Non Job

Selain itu, lanjut dia, Agas Sukma Nugraha yang sekarang menjabat Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Cirebon, juga akan pensiun pada Maret 2021 mendatang. Dan yang akan pensiun pada tahun 2022 nanti, yakni Ade Setiadi, Erry Achmad Husaeri, Denni Supdiana, Deni Agustin, Hartono, Sugeng Darsono dan dirinya.

Sedangkan terkait kekosongan jabatan dan pejabat eselon II yang pensiun di Januari 2021 nanti, BKPSDM Kabupaten Cirebon sudah berencana untuk melakukan open bidding. Bahkan, pada Agustus 2020 nanti, pengumuman open bidding sudah mulai dibuka. “Untuk posisi jabatan eselon II yang mengalami kekosongan, pejabat yang akan pensiun di awal tahun 2021 termasuk Dirut RSUD Arjawinangun, diperkirakan antara 3-5 jabatan yang diopenbiddingkan,” ungkapnya. (Islah)

Comment