by

Kasus HIV/AIDS di Kota Cirebon Capai 1.500 Orang

KOTA CIREBON, SC – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Cirebon mengakui masih banyak Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang enggan berobat.

Sekretaris KPA Kota Cirebon, Sri Maryati mengatakan, pada banyak kasus, setelah dinyatakan positif HIV banyak ODHA yang tidak melanjutkan pengobatannya. Menurutnya, orang yang positif HIV/AIDS yang tidak ingin berobat ini, alasannya, karena memang pemahaman yang terkait dengan pengobatan HIV ini masih sangat minim dan menjadi masalah.

“Ya mereka menganggapnya baik-baik saja atau terasa sehat, sehingga tidak perlu mengakses obat,” kata Maryati sapaan akrabnya kepada Suara Cirebon, Rabu (18/11/2020).

BACA JUGA: Optimis, Tahun 2021 IAIN Cirebon Jadi UIN

Maryati menuturkan, untuk di tahun 2019 total kasus positif HIV/AIDS di Kota Cirebon tercatat 1252 kasus.

“Kalau 1252 tahun kemarin, kalau sampai tahun ini mencapai 1500,” katanya.

Dari data yang tercatat KPA, lanjut Maryati, yang sudah mengikuti pengobatan baru 600 orang ,yang seharusnya sesuai target 60persen sebanyak 900 orang harus mau berobat.

“Kalau dari 1500 ke 600 itu kisaran baru 45% yang baru sadar pengobatan, kita masih punya utang 20 persenan lagi,” ujarya.

Sedangkan strategi yang dilakukan KPA, dengan engan adanya pelayanan HIV yang konfrehensip sehingga ini akan lebih mengikat mereka yang positif untuk  bisa melanjutkan pengobatannya.

Strategi lainnya, tambah Maryati, melalui KPA Propinsi Jawa Barat, KPA mempunyai petugas KPAP yang bertugas untuk melakukan pendekatan kepada mereka yang putus obat.

BACA JUGA: Alot, UMK Kota Cirebon 2021 Disepakati Rp2.271.210

“KPAP ini tugasnya melakukan pendekatan kepada ODHA yang tiak berobat lagi dengan tujuan supaya mereka mau kembali berobat,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Cirebon, Edy Sugiarto, menyampaikan selama pandemi jumlah pasien ODHA mengalami peningkatan di sejumlah daerah.

“Jumlah kenaikannya tidak terlalu signifikan, hampir semua daerah ada peningkatan sedikit,” kata Edy.

Edy menambahkan, berdasarkan data yang ada, pasien ODHA di Kota Cirebon yang terpapar Covid-19 sejauh ini ada dua orang. (Surya)

Comment