by

Vaksin Covid-19 Diperkirakan Tiba Akhir Januari 2021

KABUPATEN CIREBON, SC- Vaksin Covid-19 diprediksi akan didistribusikan ke Kabupaten Cirebon pada minggu ketiga bulan Januari tahun 2021 mendatang.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, dr Edi Susanto, usai mengikuti video conference (vicon) dengan beberapa Kementerian di command center, Setda Kabupaten Cirebon, Senin (30/11/2020).

Dari total jumlah penduduk 2,3 juta jiwa, menurut Edi, Kabupaten Cirebon mendapat alokasi sebanyak 1,5 juta vaksin. Menurutnya, vaksin tersebut nantinya untuk warga yang berusia 18 sampai 59 tahun.

“Pendistribusiannya juga ada kerjasama dengan biofarma, dan nanti teknis pengiriman dikawal langsung oleh TNI/Polri,” ujar Edi.

Dikatakan Edi, teknis pengiriman dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) nanti, akan langsung didistribusikan ke dinas kesehatan setempat. Karena itu, kata Edi, pihaknya akan mempersiapkan terlebih dahulu terkait jumlah vaksinator, SDM hingga pendataan warga yang akan divaksin.

“Oleh karena itu memang perlu adanya by data yang akurat dan hal-hal teknis lain yang perlu,” kata dia.

Hal itu, akan segera ditindaklanjuti dengan mendiskusikannya dengan dinas-dinas terkait lainnya. “Kita perlu mengestimasikannya dengan dinas lain. Agar masyarakat terlayani dengan baik,” ucapnya.

BACA JUGA: Gawat, 24 Ibu Hamil Positif HIV/AIDS

Namun, seperti yang akan dilakukan oleh kabupaten dan kota lain, pihaknya akan melakukan pengkajian terlebih dahulu terkait tingkat kehalalannya. Karena, hingga kini 7,6 persen masih ada penolakan terkait vaksin tersebut.

“Tadi dalam vicon ada juga pesan dari Pak Menteri Dalam Negeri, bahwa sebelum adanya vaksin, penerapan 3M perlu sekali. Apalagi sekarang banyak terjadi kerumunan. Jadi teruslah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun kemudian menjaga jarak,” pungkasnya. (Islah)

Comment