by

H-1 Pemilihan Panlih Gelar Simulasi

KABUPATEN CIREBON, SC- DPRD Kabupaten Cirebon akan menggelar pemilihan Wakil Bupati Cirebon pengganti antar waktu (PAW) dalam sidang paripurna, Rabu (2/12/2020) hari ini. Demi suksesnya acara, Panitia pemilihan (Panlih) Wakil Bupati (Wabup) Cirebon pun menggelar simulasi pemilihan dan penghitungan suara, Selasa (1/12/2020).

Ketua Panlih Wabup Cirebon, H Mustofa mengatakan, simulasi tersebut dilakukan guna menciptakan suasana tertib dan terarah pada saat pemilihan yang sebenarnya.

“Kita lakukan simulasi, agar masing-masing panlih yang telah ditugaskan memahami tugas dan tanggung jawabnya. Pemilihan sendiri akan mulai pukul 09.30 WIB, Rabu (2/12/2020) besok (hari ini, red),” kata Jimus sapaan akrab H Mustofa, usai kegiatan simulasi.

Anggota DPRD Kabupaten Cirebon Fraksi PDI Perjuangan itu menjelaskan, pembagian tugas yang dimaksud adalah termasuk siapa yang akan memimpin pemilihan dan menghitung alat kelengkapan kotak suara, serta melakukan  penghitungan sampai dalam bentuk berita acara.

“Semua tahapan ini akan dituangkan dalam berita acara pemilihan,” kata Jimus.

Jimus juga menyampaikan ucapan terima kasih  kepada semua pihak, sehingga acara penetapan dan pengundian nomor urut yang telah dilaksanakan kemarin berjalan dengan lancar dan sukses.

“Ini juga menjadi harapan Panlih, agar anggota dewan melakukan hal yang sama pada waktu pemilihan. Sehingga tahapan pemilihan berjalan dengan lancar,” kata Jimus.

BACA JUGA: Fraksi-fraksi Belum Tentukan Cawabup Cirebon Ayu atau Cunadi

Karena proses konstitusional pengisian jabatan wakil bupati, lanjut dia, menjadi tanggung jawab pimpinan dan anggota DPRD. Sehingga, kehadiran anggota dewan diharapkan sesuai dengan tata tertib DPRD.

Saat disinggung siapa saja yang akan dilibatkan dalam paripurna pemilihan tersebut, menurutnya, hal itu merupakan kewenangan pimpinan DPRD. “Itu bukan urusan panlih,” pungkasnya. (Joni)

Comment