by

Dishub Siapkan Jalur Sepeda

KOTA CIREBON, SC- Animo masyarakat atas pengguna sepeda di Kota Cirebon meningkat drastis, untuk itu Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon melakukkan pengecatan rambu bersepeda sepanjang jalan Dr Wahidin. Rambu lalin ini hanya dipergunakan untuk masyarakat pengguna sepeda dengan tujuan agar tidak menyerobot pengguna jalan lainnya.

“Pengecetan rambu lalin atau jalur bersepeda ini hanya untuk sementara bukan permanen, dan menggunakan anggaran seadanya, sebab pembuatan jalur sepeda sebenarnya dilakukan pada tahun 2021,” kata Kepala Dishub Kota Cirebon, Andi Armawan kepada Suara Cirebon usai pengecetan jalur sepeda, Selasa (1/12/2020) lalu.

“Jalur sepeda ini sifatnya tidak permanen, seharusnya tahun depan,  nanti ditahun depan 2021 baru kami akan sesuaikan jalur sepeda dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 59 tahun 2020,” kata Andi.

Lanjut Andi, pada Permenhub tersebut untuk jalur sepeda akan lebih diperjelas, seperti ukuran, serta tanda pembatas yang biasanya menggunakan warna hijau. “Kemudian ada tanda sepeda, kita baru bikin tanda sepedanya saja,” kata Andi.

Meskipun hanya bersifat sementara. lanjut Andi, pembuatan jalur sepeda ini mendapatkan dukungan dari berbagai komunitas sepeda serta beberapa masyarakat sudah berterikamasih kepada Dishub Kota Cirebon. 

“Kami akan berusaha jalur-jalur lain yang menjadi destinasi ke depan, akan kami buatkan jalur sepeda,” ujar Andi.

BACA JUGA: Dampak Parkir Liar, Target PAD Tak Terpenuhi

Sebanyak lima ruas jalan utama antara lain jalan Siliwangi, Kartini, Wahidin, Dr Cipto dan Pemuda. langkah selanjutnya sosialisasi kepada para pengguna jalan. Setelah itu mulai diberlakukan ruas jalan untuk sepeda di Kota Cirebon. “Masyarakat nanti akan mengetahui kalau ada cat rambu sepeda di badan jalan. Dengan begitu akan memahami, baru bisa digunakan,” tuturnya.

Selain itu tambah Andi, pihaknya akan merapihkan kembali rambu-rambu lalu lintas yang sudah usang, sembari mencari titik pemasangan rambu-rambu khsusus sepeda. Dia berharap adanya jalur khusus sepeda akan memberikan ruang bagi masyarakat yang hobi bersepeda dan mengurangi parkir liar yang berada di ruas jalan protokol. (M Surya)

Comment