by

Warga Mekarsari Terima BST Kemensos Tahap IX

KABUPATEN CIREBON, SC- Warga Mekarsari Terima BST Kemensos Tahap IX. Pemerintah Desa Mekarsari, Kecamatam Waled Kabupten Cirebon bersama PT  Pos Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) tahap IX  kepada 294 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), bertempat di kantor desa setempat, Sabtu (05/12/2020) kemarin.

Kuwu Mekarsari, Uman Jayus Nudin mengatakan, BST-Kemensos tahan IX ini disalurkan kepada 294 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Menurut dia, setiap KPM menerima uang tunai sebesar Rp 300 ribu.

Dalam pelaksanaannya, pihaknya tetap mengedepankan protokol kesehatan, dengan mewajibkan setiap warga saat datang ke kantor desa wajib menggunakan masker. Pihak desa melalui perangkatnya juga mengatur warga agar teratur dengan tetap menjaga jarak. Tampak  hadir dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa setempat, BPD, RT dan RW, tokoh Masyarakat, serta seluruh aparatur desa.

Uman pun menjelaskan berbagai bantuan yang diterima masyarakatnya patut disyukuri mengingat di tengah pandemi seperti sekarang ini, secara ekonomi berdampak secara langsung dan dirasakan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya.

“Bantuan yang diterima masyarakat dari BST- Kemensos ini diharapkan dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga penerima manfaat. Bantuan tersebut dapat meningkatkan daya beli masyarakat itu sendiri. Yang terpenting adalah masyarakat harus lebih bijak dalam membelanjakannya agar sesuai dengan prioritas kebutuhan keluarga,” kata Uman.

Lebih lanjut Uman mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama pro aktif dalam memutus rantai penyebaran virus Corona, dengan mematuhi anjuran pemerintah sesuai protokoler kesehatan dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan alias 3 M. Menurut Uman, menghindari kerumunan yang melibatkan banyak orang, sangat bermanfaat baik diri maupun keluarga serta masyarakat sekitar dapat terhindar dari paparan Covid-19.

BACA JUGA: Pemdes Mekarsari Salurkan BLT DD Tahap 6

“Selain patuhi imbauan pemerintah, diharapkan pula masyarakat lebih menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta menjaga lingkungan agar tetap bersih, dan perbanyak doa agar wabah ini segera berakhir sehingga kita dapat beraktivitas dengan normal kembali,” pungkasnya. (Baim)

Comment