by

Masyarakat Indramayu Tentukan Pemimpin Baru

INDRAMAYU, SC- Masyarakat Indramayu Tentukan Pemimpin Baru. Masyarakat Kabupaten Indramayu menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin baru melalui Pilkada Indramayu 2020 yang digelar, Rabu (9/12/2020).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada 2020 ini sebanyak 1.302.788. Mereka tersebar di 317 desa dan 3.286 TPS se-Kabupaten Indramayu.

Berdasarkan pantauan Suara Cirebon, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Petugas KPPS memanggil satu per satu warga yang hendak menggunakan hak pilihnya. 

Sementara itu, warga telah mendatangi TPS sejak pukul 07.30 WIB. Dengan tertib, mereka menyalurkan hak suara secara bergiliran dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker saat datang ke TPS dan menjaga jarak.

Ketua KPPS 02 Kelurahan Margadadi, Kecamatan/Kabupaten Indramayu, Tedi Rianto mengatakan, jajarannya menerapkan disiplin protokol kesehatan sesuai arahan KPU setempat.

“Setiap warga yang akan menggunakan hak pilihnya wajib mengenakan masker. Jumlah orang dalam TPS pun dibatasi. Ini demi menghindari adanya penumpukan dan kerumunan karena saat ini kita masih dalam suasana pandemi Covid-19,” katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni mengatakan, sebanyak 3 paslon memiliki hak untuk mencoblos, sementara satu paslon dipastikan tidak akan mencoblos, yakni paslon nomor urut 4 Nina Agustina Dai Bachtiar dan Lucky Hakim.

“Terkendala karena KTP, keduanya ber-KTP luar Kabupaten Indramayu,” kata Fatoni.

BACA JUGA: KPU Indramayu Buka Pendaftaran Petugas KPPS

Fatoni juga memastikan seluruh logistik dalam Pilkada Indramayu 2020 sudah didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Kami sudah distribusikan semua logistik ke TPS yang ada,” kata Toni.

Mengingat Pilkada ini digelar selama pandemi, Toni mengatakan pencoblosan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, agar tidak menjadi klaster baru penyebaran COVID-19.

“Kami pastikan semua telah sesuai dengan protokol kesehatan, dari tahapan sampai hari pencoblosan,” kata Toni.

Dalam Pilkada 2020 ini ada 4 pasangan calon (paslon) yang akan bertarung memperebutkan kursi orang nomor 1 di Kabupaten Indramayu. Mereka adalah paslon nomor urut 1 Muhamad Sholihin-Ratnawati  yang diusung PKB, Demokrat, PKS, dan Hanura, paslon nomor urut 2 Toto Sucartono-Deis Handika dari jalur perseorangan (independen).

BACA JUGA: Luthfi: Jangan Ada Lagi Jual Beli Jabatan

Paslon nomor urut 3 Daniel Mutaqien Syafiuddin-Taufik Hidayat yang diusung Partai Golkar dan paslon nomor urut 4 Nina Agustina Dai Bachtiar-Lucky Hakim  yang diusung PDI Perjuangan, Gerindra, dan NasDem.

Pantauan Suara Cirebon, secara umum pelaksanaan Pilkada Indramayu Tahun 2020 berlangsung lancar, aman, damai dan kondusif. Petugas dan warga kompak mematuhi disiplin protokol kesehatan selama pelaksanaan Pilkada. (Yusuf)

Comment