by

Semua Sektor Terdampak Pandemi Covid-19

MAJALENGKA, SC- Pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan dampak yang sangat signifikan terhadap berbagai sektor kehidupan. Saat ini  pemerintah  berupaya untuk membangkitkan kembali pertumbuhan ekonomi melalui berbagai program yang langsung bersentuhan pada masyarakat.

”Semua sector terdampak, mulai perdagangan, industri, infrakstruktur , pariwisata, pendidikan, pertanian, kesehatan dan lainya,” kata Bupati Majalengka H. Karna Sobahi saat membuka acara Capacity Building Bidang Perekonomian, Kamis (10/12/2020).

Menurut Bupati peran pemerintah dalam rangka pertumbuhan kembali sektor perekonomian tersebut dengan mengambil langkah yang konkret.

Pertama program exit strategy, yaitu pembukaan ekonomi secara bertahap menuju tatanan kenormalan baru. Kedua, Pemulihan Ekonomi Nasional ( PEN) di berbagai sektor. Selain itu riset dan trasformasi ekonomi agar sektor ekonomi yang sudah minus ditransformasikan agar berkembang menjadi pertumbuhan ekonomi yang positif.

“Langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka di antaranya berupa bantuan permodalan bagi pedagang kaki lima,  bantuan usaha buat UKM,  stimulan pertanian, bantuan sarana kesehatan di tempat wisata selain bantuan sosial lainya,” jelasnya.

BACA JUGA: Warga Diminta Disiplin Prokes

Di hadapan peserta Capacity Building yang diikuti dinas dan para pelaku usaha kecil, Bupati Karna berharap para pelaku usaha yang mengikuti kegiatan bisa mendapatkan pencerahan. Dan mampu kembali bangkit di bidang sektor usahanya.

Ditambahkannya, sat ini Pemkab Majalengka melalui Balitbangda sedang melaksanakan kerja sama dengan Universitas Indonesia dalam rangka mencari upaya-upaya pemulihan ekonomi dan membangkitkan kondisi perekonomian masyarakat Majalengka supaya kembali normal. (Dins)

Comment