by

Lagi, Nakes Kabupaten Cirebon Gugur

SUMBER, SC- Satu lagi Tenaga Kesahatan (Nakes) Kabupaten Cirebon yang terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia. Ia meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Mitra Plumbon selama 23 hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Hj Enny Suhaeni mengatakan, nakes yang meninggal merupakan bidan Desa Kubangdeleg, Kecamatan Karangwareng. Nakes ini dirawat di ruang isolasi RS Mitra Plumbon karena terkonfirmasi positif Covid-19.

Menurut Enny, nakes tersebut diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 dari swab massal dengan para guru saat persiapan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada bulan November 2020 kemarin. “Itu diketahui dari swab massal menjelang pelaksanaan BIAS bersama bidan-bidan lain dan para guru juga,” ujar Enny Suhaeni, kemarin, (20/12/2020).

Dari hasil swab massal itu, kata Enny, nakes diketahui terkonfirmasi positif Covid-19 pada tanggal 23 November 2020. Kemudian, pada tanggal 28 November 2020 nakes ini masuk ke ruang isolasi RS Mitra Plumbon. Dan pada tanggal 3 Desember 2020, kondisi kesehatan nakes ini semakin memburuk. Hingga harus menjalani perawatan intensif di ruang ICU RS tersebut. “Dia (nakes, red) akhirnya masuk ruang ICU, dan hari ini tanggal 20 (kemarin, red) dia meninggal dunia,” kata Enny.

Nakes tersebut dikatahui memiliki penyakit penyerta atau comorbid, yakni hipertensi dan kolesterol. Namun, kata Enny, lima hari sebelum menghembuskan nafas terakhir, kondisi nakes tersebut sempat membaik dan bisa berkomunikasi dengan dokter yang menangani. “Laporan dari dokter sih lima hari sebelum meninggal kondisinya membaik. Bahkan bisa komunikasi dengan dokter, tapi Allah berkehendak lain,” ungkap Enny.

Ia menjelaskan, untuk tracing kontak erat sendiri sudah dilakukan sejak nakes itu dinyatakan positif Covid-19. Hasilnya, kedua anak nakes tersebut juga dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. “Dua anaknya juga terkonfirmasi positif Covid-19. Tapi kedua anaknya sudah dinyatakan negatif Covid-19,” jelas Enny.

Dengan tambahan satu nakes meninggal dunia ini, berarti jumlah total nakes Kabupaten Cirebon yang gugur sebanyak 4 nakes. Tiga diantaranya merupakan nakes Puskesmas Karangsari, Puskesmas Ciledug dan nakes RS Paru Sidawangi. Sedangkan nakes yang meninggal dunia kemarin, merupakan bidan Puskesmas Kubangdeleg, Kecamatan Karangwareng. (Islah)

Comment