by

Dinkes Sudah Latih 61 Vaksinator

KABUPATEN CIREBON, SC- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon siap menyambut datangnya vaksin Covid-19. Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Hj Enny Suhaeni, mengatakan, saat ini Dinkes sudah menyiapkan segala sesutunya mulai dari vaksinator hingga sasaran penerima vaksinnya.

Untuk vaksinator, kata Enny, pihaknya sudah melatih sebanyak 60 tenaga kesehatan (nakes) dari 60 Puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon dan satu nakes dari Dinkes sebagai koordinator.

“Vaksinator kita sudah dilatih, ada 60 nakes dari seluruh puskesmas dan satu nakes dinkes sebagai koordinatornya,” kata Enny, Rabu (9/12/2020).

Menurut Enny, pelatihan juga akan dilakukan pihak Kemenkes dalam waktu dekat ini. Pelatihan tersebut terkait tata cara menyimpan vaksin sesuai prosedur. Yakni, vaksin harus disimpan secara khusus pada suhu tertentu dan kemudian disimpan oleh masing-masing Puskesmas.

Enny menyampaikan, Kemenkes sudah meminta kepada seluruh daerah di Indonesia untuk dapat memprioritaskan nakes dalam tahap pertama penyaluran vaksin.

“Semua tenaga medis di 12 rumah sakit, baik milik swasta maupun pemerintah serta nakes di puskesmas sedang dilakukan penginputan jumlahnya,” ujar Enny.

Setelah tenaga kesehatan mendapatkan vaksin, kata Enny, akan dilanjutkan pemberian vaksin kepada masyarakat yang berusia 18 sampai 59 tahun keatas sebanyak 1,5 juta jiwa. Ia menyebut, vaksin akan didistribusikan pada minggu ketiga di bulan Januari. Ditahap pertama, lanjut Enny, vaksin akan diberikan untuk nakes.

BACA JUGA: Bupati Minta Dinkes Jemput Bola Vaksin Covid-19

“Selanjutnya vaksin akan diberikan kepada penduduk yang berusia 18 sampai 59 tahun sebanyak 1,5 juta jiwa,” papar Enny.

Namun, sampai saat ini Enny mengaku belum menerima jadwal kedatangan Vaksin untuk Kabupaten Cirebon baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. “Kami sempat menanyakan kepada pemerintah provinsi, tapi jawabannya tidak tahu. Kemungkinan pertengahan bulan Januari sesuai pernyataan Pak Presiden,” ungkapnya. (Islah)

Comment