by

Tahap I Sebanyak 3000 Nakes akan Divaksin

KOTA CIREBON, SC – Dinas Kesehatan Kota Cirebon memperkirakan kedatangan vaksin Covid-19 di “Kota Udang”, pada Kamis (14/1/2021).

Kepala Dinas Kota Cirebon, Edy Sugiarto mengatakan, sejumlah persiapan dan kesiapan untuk pelaksanaan vaksinasi sudah maksimal, baik tenaga vaksinator yang dilatih susai prosedur termasuk  penerapan protokol kesehatan.

“Tergantung pusat, infonya vaksin didistribusikan ke Cirebon tanggal 13 Januari mungkin sampai di Kota Cirebon tanggal 14 Januari. Vaksin itu akan disuntikan kepada 5.600 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Cirebon, sesuai data di aplikasi Primary Care (P-Care) milik BPJS,” kata Edy, saat ditemui di Balai Kota Cirebon, Selasa (12/1/2021).

Menurut Edy, meski terdata terdapat sebanyak 5.600 nakes calon penerima vaksin, namun ditahap pertama ini hanya akan diberikan kepada 3.000 nakes, sesuai dengan jumlah dosis vaksin yang diberikan pada setiap daerah.

“Tahap pertama 3.000 dulu, selama seminggu 2 kali rutin. Ini akan menjadi pekerjaan rutin Puskesmas selama 15 bulan kedepan atau sampai April 2022,” jelasnya.

Edy menjelaskan, Dinas Kesehatan Kota Cirebon sudah melakukan sejumlah persiapan sebelum kedatangan dan distrubusi vaksin Covid-19, di antaranya mengadakan simulasi dan bimbingan pada puluhan vaksinator, beberapa hari lalu.

“Kami sudah siapkan cold chain untuk wadah vaksinnya di 22 Puskesmas dan 3 rumah sakit BUMN (Rumah Sakit Gunung Jati, Ciremai dan Pelabuhan) yang siap melaksanakan vaksinasi untuk sejumlah nakes,” katanya.

BACA JUGA: Komisi II Minta Bantuan Rutilahu Dipermudah

Ia menegaskan, sejumlah vaksinator sudah disiapkan yang terdiri dari nakes yang bekerja di RS BUMN.

“Kesiapan tenaga kesehatan, cold chain atau termos sudah siap,” pungkasnya. (Surya)

Comment