by

Stok Darah di PMI Kabupaten Cirebon Menipis

KABUPATEN CIREBON, SC- Dalam mengantisipasi ketersediaan stok darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon, bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon mengadakan aksi donor darah, bertempat di kantor desa setempat, Selasa (26/01/2021).

Kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian Pemdes berserta masyarakat dengan melakukan kegiatan aksi donor darah sebagai bentuk peduli kemanusiaan, serta akan ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Cirebon. Kegiatan donor darah tersebut rutin dilakukan oleh Pemdes Gebang Kulon setiap dua bulan sekali. 

Salah satu petugas PMI Kabupaten Cirebon Tisa mengutarakan, selama mewabahnya Covid-19, terjadi penurunan minat masyarakat yang mendonorkan darah, terbukti saat ini stok yang tersedia di PMI menipis.

Menurutnya, dengan desa yang aktif melakukan aksi donor darah jelas ini sangat membantu pihak PMI akan ketersediaan labu darah itu sendiri.

“Kegiatan aksi donor darah  ini sangat membantu kami, akan ketersediaan stok darah,” ungkapnya kepada Suara Cirebon.

Dijelaskan, sebelum adanya wabah Covid-19, masyarakat yang datang langsung ke PMI untuk mendonorkan darah cukup banyak, namun kondisi sekarang ini, sangat jarang masyarakat yang datang langsung ke kantor PMI Kabupaten Cirebon. 

Dirinya berharap kepada masyarakat yang hendak datang langsung ke PMI untuk mendonorkan darahnya, diharapkan dapat mengajak sanak saudara, dengan demikian akan semakin banyak masyarakat yang mendonorkan darahnya.

Tentunya, lanjut dia, ini  akan sangat membantu pihak PMI, dan juga ketersediaan labu darah akan aman, yang pada akhirnya manakala masyarakat membutuhkan akan labu darah selalu tersedia. 

“Alhamdulillah dalam aksi donor darah yang diadakan Pemdes Gebang Kulon, masyarakat begitu antusias, dengan terkumpul sebanyak 25 labu darah,” terangnya. 

Kuwu Gebang Kulon Andi Subandi mengatakan kegiatan donor darah yang dilakukan pihaknya merupakan kegiatan rutin, dan dilaksanakan setiap dua bulan sekali, ini sebagai bentuk kepedulian akan kemanusiaan sekaligus untuk ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA: PMI Kabupaten Cirebon Bagikan Air Bersih di Suranenggala

“Dengan mendonorkan darah, ini baik untuk kesehatan  kita dan sekaligus dapat membantau masyarakat yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Tisa mengimbau kepada masyarakat khususnya warga Gebang Kulon,  masih merebaknya wabah Covid-19 ini, agar tetap  menjaga kesehatan dan pola hidup sehat, dengan menerapkan protokoler kesehatan dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan, serta mengurangi mobilitas. (Baim)

Comment