by

Ketahanan Pangan, Program Andalan Kwarda Jabar

MAJALENGKA, SC- Ketahanan pangan menjadi program andalan yang telah dicanangkan oleh Kwarda Jawa Barat. Selain untuk membantu pemerintah dalam ketersediaan pangan, juga menjadi media meningkatkan peran aktif gerakan Pramuka di masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Ketua Kwarda Jabar, Atalia Praratya Kamil usai melantik pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Majalengka, Jumat (29/1/2021).

Menurutnya, strategi awal yang telah dicanangkan dalam menjaga ketahanan pangan dan menjaga ekosistem adalah dengan menebar benih ikan di sungai-sungai.

“Apapun yang kita lakukan kepada alam itu akan kembali kepada kita, dengan menebar 5.000 benih ikan sebagai bentuk menjaga ekosistem,” ujar Atalia.

“Oleh karenanya kita punya kewajiban saat ini memulai kebiasaan baik dengan mendorong kebaikan gerakan-gerakan Pramuka. Sebagai contoh kita akan memprogramkan kegiatan generasi muda bertani di kota,” imbuhnya.

Di samping itu, terang Atalia, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19 juga menjadi landasan utama untuk menciptakan kompetensi siswa untuk lebih kreatif dan inovatif.

BACA JUGA: Pasar Becek, Pengunjung Berkurang

“Di Tengah pandemi ini, pembelajaran jarak jauh yang sedang dijalankan, sehingga kita mendorong agar proses pembelajaran tetap dilakukan dengan program-programnya yang tentunya memiliki batasan tertentu,” tutur Atalia.

Dalam kesempatan tersebut, Atalia juga memberikan bantuan benih ikan dan melakukan bakti sosial di beberapa desa. Di antaranya Desa Tegalsari Kecamatan Maja, Desa Tejamulya Kecamatan Argapura, Desa Bayureja Kecamatan Sindang, dan Desa Sidamukti Kecamatan Majalengka. (Dins) 

Comment