by

UGJ Kukuhkan Tiga Profesor

KOTA CIREBON, SC- Di usia yang ke-60 tahun Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon kembali mengukir sejarah. Sebanyak tiga orang dosen dikukuhkan Majelis Guru Besar/Profesor kampus setempat di Auditorium Kampus Utama UGJ Jalan Pemuda Kota Cirebon, Sabtu (30/1/2021). Adapun ketiga profesor yang dikukuhkan tersebut adalah  Prof. Dr. Drs. H. Mukarto Siswoyo, M.Si., Prof. Dr. H Junaedi, S.H., M.H, dan Prof Dr. H. Endang Sutrisno, M.Hum.

Dikukuhkannya ketiga dosen ini, merupakan hasil kolaborasi yang sinergi antara Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati (YPSGJ) yang diketuai  Dadang Sukandar Kasidin dan UGJ yang dipimpin Prof. Dr. Drs. H. Mukarto Siswoyo, M.Si yang terus berkomitmen membangun dan meningkatkan mutu dunia Pendidikan Tinggi khususnya di UGJ.

Sebelumnya kolaborasi kepemimpinan ini telah berhasil membawa universitas terbesar di tataran Ciayumajakuning ini pada peringkat 119 perguruan tinggi terbaik se Indonesia versi kemendikbud yang telah mewujudkan 10 Program Studi terakreditasi yang menyediakan sarana pengembangan fasilitas mahasiswa yang diprioritaskan.

Pengukuhan ini bertepatan dengan peringatan Dies Natalis ke-60 pada tanggal 16 Januari yang lalu, sehingga kehadiran 3 orang Profesor tersebut merupakan kado terindah yang dipersembahkan ketua yayasan dan rektor kepada lembaga yang dipimpinnya  kepada negara sebagai bentuk pengabdian UGJ pada masyarakat.

Ketua Yayasan PSGJ, Dadang Sukandar Kasidin mengatakan, bahwa keberhasilan ini merupakan bentuk sinergitas Ketua Yayasan dan Rektor UGJ sehingga dapat saling mendukung kemajuan SDM di lingkungan UGJ.

“Yayasan mensupport penuh dalam berbagai segi, temasuk dari segi pembiayaan kuliah. Bagi dosen yang tidak memperoleh biaya dari Kemendikbud ataupun dari sumber lainnya, maka Yayasan membantu para dosen yang melakukan study lanjut,”kata Dadang.

Ini dilakukan, lanjut Dadang, semata-mata agar kualitas sumber daya manusia terutama sumber daya dosen terus meningkat, sehingga kualitas mahasiswa dan lulusan UGJ akan ikut meningkat.

Sejalan dengan ketua yayasan, Rektor UGJ Prof. Dr. Drs. H. Mukarto Siswoyo, M.Si., menyampaikan keberhasilan yang dicapai jabatan fungsional akademik tertinggi sebagai profesor adalah buah kerja keras dan dukungan semua pihak, terutama dari Ketua YPSGJ.

“Capaian ini agar menjadi sumber motivasi dan penyemangat bagi seluruh dosen bahwa dengan kerja keras, fokus dan kemauan yang kuat maka apa yang kita ingin wujudkan insyaallah terwujud, tentu dengan selalu memohon pertolongan dan ridho Allah SWT,” kata Rektor kepada wartawan.

Seperti diketahui bersama, tambah Mukarto bahwa menjadi profesor merupakan cita-cita tertinggi seorang dosen, kunci utama sukses sebagai calon profesor adalah berusaha atau niat, karakter (budaya riset dan publikasi) dan kerja keras (mandiri maupun kolaborasi) yang disertai doa, kesabaran dan disiplin (manajemen/target waktu). Untuk itu diperlukan peningkatan motivasi diri.

“Tentu tanggungjawab seorang profesor sangat besar, sebagai seorang ilmuan harus mengimplementasikan keilmuannya dalam tri darma perguruan tinggi,” kata Mukarto.

BACA JUGA: Wali Kota Tegaskan Hibah Tanah untuk UGJ Masih Tahap Proses

Gelar profesor yang baru dikukuhkan itu, tambahnya, harus dipertanggungjawabkan kepada pemerintahan dan masyarakat. Pihaknya akan terus mendorong seluruh dosen untuk meningkatkan jenjang akademinya sampai ke profesor.

“Target ke depan kita UGJ masuk dalam 100 kategori perguruan tinggi terbaik se-Indonesia dan sumber daya manusianya lebih meningkat dan kualitas layanan juga semakin meningkat,” pungkasnya. (Surya)

Comment