by

Vaksin Covid-19 Mulai Didistribusikan

MAJALENGKA, SC- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 ke-18 titik lokasi di Kabupaten Majalengka. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Alimudin mengatakan 18 titik itu terdiri dari 16 Puskesmas dan 2 rumah sakit. Adapun 2 rumah sakit yakni RSUD Majalengka sebayak 607 vaksin dan RSUD Cideres 674 dosis vaksin.

“16 Puskesmas dan 2 RSUD terlebih dahulu yang menerima. Sedangkan, sisanya besok. Semoga pendistribusian ini berjalan lancar,” ungkap Alimudin, Sabtu (30/1/2021).

Proses pendistribusian vaksin ke- 18 titik tersebut, kata dia, dilakukan dengan pengawalan ketat aparat Kepolisian dan TNI. Bahkan, pengawalan pun dipimpin langsung oleh para Kapolsek hingga ke masing-masing Puskemas.

Ia menuturkan, pemberangkatan awal pendistribusian dilakukan di Gudang Farmasi di Jalan Kehutanan, Majalengka Kota. Pasalnya, Gudang Farmasi tersebut sebagai tempat penyimpanan vaksin.

“Nantinya, para Puskesmas akan menyimpan dosis vaksin itu di tempat yang telah disediakan. Dan pelaksanaan vaksinasi sendiri kemungkinan pekan depan, namun untuk harinya belum bisa dipastikan,” katanya.

Sementara itu, untuk langkah antisipasi usai pelaksanaan vaksinasi sendiri, pihaknya sudah memiliki tim khusus. Nantinya, tim khusus tersebut siap menangani jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama pelaksanaan vaksinasi.

“Tapi selama ini, kami belum mendapatkan informasi adanya pasien vaksinasi yang mengeluh. Dan semoga tidak terjadi juga pada vaksinasi di Majalengka,” jelasnya.

BACA JUGA: 3.920 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Majalengka

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemkab Majalengka menerima vaksin Covid-19 sebanyak 3.920 vaksin, pada Selasa 27 Januari 2021. Vaksin itu nantinya akan diprioritaskan untuk 10 pejabat publik dan tenaga kesehatan di Kabupaten Majalengka.

Total secara keseluruhan Pemkab Majalengka mendapatkan jatah sebanyak 7.22.000 vaksin dan untuk tahap pertama ini sebanyak 3.920 dosis vaksin Covid-19 telah tiba di Kabupaten Majalengka. (Dins)

Comment