by

Diguyur Hujan, Tanah Warga di Gumulunglebak Longsor

KABUPATEN CIREBON, SC– Hujan yang hampir sepanjang hari mengguyur wilayah Kabupaten Cirebon dan sekitarnya, tidak hanya menyebabkan banjir di sejumlah desa dan kecamatan, namun juga mengakibatkan tanah milik warga yang berada di Dusun 1 Dayeuh RT 004 / RW 002, Desa Gumulunglebak, Kecamatan Greged, longsor, Minggu (7/2/2021).

Kuwu Gumulunglebak, Aan mengatakan, tanah yang longsor tersebut milik keluarga Roni/Dede. 

“Longsor terjadi sekitar pukul 15.00 WIB setelah diguyur hujan terus menerus. Lokasi tanah yang longsor tepat di bagian belakang rumah. Kini posisi belakang rumah dan jurang hanya menyisakan beberapa puluh centi saja atau kurang dari satu meter,” kata Aan.

Diakui Aan, lokasi Desa Gumulung yang berada di dataran tinggi berisiko terjadinya bencana longsor, khususnya di saat musim hujan seperti sekarang. Beruntung, lanjut Aan, tidak ada korban jiwa dan meterial dalam peristiwa tersebut.  

“Alhamdulillah, sekadar longsor tanah di belakang rumah dan tidak ada korban jiwa,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua FKKC Kecamatan Greged, Alex Setiawan mengatakan, tanah warga yang longsor  tersebut berada di punggung tebing desa setempat.

“Dengan kejadian ini tentu sangat berisiko bagi keselamatan keluarga Roni/Dede, mengingat lokasi rumah persis di sisi jurang, longsor persis di jurang di belakang rumahnya. Untuk sementara waktu keluarga Bapak Roni/Dede diungsikan ke sanak saudara, agar tidak terjadi  hal yang berakibat fatal,” kata Alex.

Pria yang juga menjabat Kuwu Lebakmekar itu mengaku sudah melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Cirebon maupun unsur Muspika Kecamatan Greged, agar segera dilakukan penanganan dan penanggulangan atas insiden tersebut.

BACA JUGA: Sungai Meluap, Satu Blok di Bakung Kidul Terisolasi

Dirinya, berharap kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di Kecamatan Greged agar waspada dan berhati-hati, manakala hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah cirebon dan sekitarnya.

“Dengan adanya insiden ini tentunya diperlukan adanya perhatian dan bantuan dari semua pihak terkait, dalam menanggulangi longsor yang terjadi di Desa Gemulung Lebak, khususnya kepada warga yang bersangkutan,” pungkasnya. (Baim)

Comment