by

Pemdes Setupatok Kuras Sampah Berlebih

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintahan Desa (Pemdes) Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon menguras dan mengangkut  tumpukan sampah yang over kapasitas hingga meluber ke jalan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara, secara mandiri Minggu (21/02/2021).

Seperti disampaikan Sekretaris Desa (Sekdes) Setupatok Rudi, kondisi sampah di TPS yang ada sudah melebihi batas maksimal, bahkan hingga luber ke jalan poros desa, atas dasar itu, Pemdes bersama semua unsur dan lembaga desa, dan Karang Taruna, serta masyarakat setempat melaksanakan pengangkutan sampah di TPS tersebut 

Mengingat tumpukan sampah sudah banyak di keluhkan masyarakat, pasalnya, tumpukan sampah tersebut mengeluarkan aroma kurang sedap, diperparah lagi sampah meluap hingga ke jalan, dan dikhawatirkan menjadi sumber penyakit terlebih saat ini musim penghujan. 

Menurutnya, banyak faktor yang menjadi penyebab TPS over kapasitas, salah satunya sumber sampah itu sendiri bukan berasal dari masyarakat setupatok semata. Namun, disinyalir banyak masyarakat di luar desa yang membuang sampah di TPS Setupatok.

“Ini bukan tanpa alasan, kebanyakan sampah dibuang pada malam hari saat suasana di lokasi TPS sepi, dan itu kerap ditegur oleh masyarakat. Namun, hal tersebut terkesan diabaikan dan terus dilakukan di lain waktu, kami sangat menyayangkan perbuatan orang yang tidak bertanggungjawab ini,” ujar Rudi kepada Suara Cirebon, Senin (22/02/2021).

Sebagai wujud tanggung jawab akan lingkungan bebas sampah, pihaknya melakukan pengurasan di lokasi TPS, ini pun sekaligus merealisasikan keinginan warga yang mengharapkan lingkungan desanya bersih dari sampah. 

Lanjut Rudi, dibutuhkan kerjasama semua pihak dalam mengatasi permasalah sampah, dan itu tidak dapat dilakukan  oleh Pemdes semata tanpa ada dukungan Pemkab Cirebon melalui dinas terkait, dan juga masyarakat Setupatok pada umumnya. Artinya masyarakat harus ikut pro aktif dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat.

BACA JUGA: Pemdes Wangun Harja Tmabal Jalan Berlubang

Selain itu pihaknya sudah berkoordinasi awal dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, bahkan, tim dari DLH sudah meninjau lokasi TPS di Setupatok. 

Namun, dikarenakan berbagai kendala, yang pada akhirnya dilakukan pengurasan secara mandiri oleh Pemdes bersama semua pihak.

“Kami ingin adanya pengangkutan yang diakomodir oleh dinas dapat segera di realisasikan,” pungkas Rudi. (Baim)

Comment