by

Pemdes Wangun Harja Tmabal Jalan Berlubang

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah Desa (Pemdes) Wangunharja, Kecamatan Jamblang ,Kabupaten Cirebon menambal jalan berlubang di sepanjang Jalan Ramdani.

Kuwu Wangunharja, H. Sunanto menjelaskan Jalan Ramdani tersebut merupakan jalur utama yang digunakan warga sehingga setiap hari selalu ramai oleh pengguna jalan yang melewatinya. Namun, kondisinya sudah cukup parah pada saat musim hujan seperti sekarang. 

Menurut Kuwu Sunanto, kalau secara prosedural hukum itu adalah tanggung jawab pemerintah daerah kabupaten, karena sebenarnya pemerintah desa tidak ada suatu kewajiban untuk melakukan tindakan perbaikan jalan.Namun, karena hingga saat ini belum diperbaiki, pihak Pemdes melakukan perbaikan.

“Maka dari itu kami Pemerintah Desa Wangunharja berinisiatif menambal jalan yang berlubang supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, karena sudah ada yang sampai terjatuh diakibatkan kondisi jalan yang banyak berlubang ini,” katanya, Senin (22/02/2021).

Pihak Pemdes Wangunharja sudah menambal jalan yang ketiga kalinya.Selain itu juga upaya dari Pemdes sudah dua kali mengajukan untuk perbaikan jalan tetapi belum direalisasi.

“Maka dari itu, kami meminta kepada pemerintah kabupaten untuk sangat peduli dengan kondisi jalan yang memprihatinkan ini, karena jika tidak segera diperbaiki berdampak potensi terjadi kecelakaan,” ungkapnya.

Pengurugan jalan yang berlubang ini hanya bersifat sementara meringankan para pengendara agar para pengendara ini tidak terjatuh akibat menghindari lubang.

BACA JUGA: Baznas Bantu Perbaikan Rumah di Kecomberan

Dalam pengurugan jalan yang berlubang ini, lanjutnya, Pmdes tidak menggunakan anggaran Dana Desa, melainkan uang pribadi kuwu sendiri dan apa bila masyarakat mengkritisi pemerintah desa tentang jalan ini, Pemdes tidak ada kewajiban untuk melakukan perbaikan karena ini adalah kewajiban pemerintah kabupaten.

“Saya berharap sekali kepada pemerintah kabupaten untuk menindaklanjuti atau merealisasikan pembangunan jalan sementara dengan kondisi yang memprihatinkan,” katanya. .

Sementara itu, menurut salah satu pengendara motor yang mengaku bernama Udin, dengan adanya urugan jalan di Jalan Ramdani tersebut sangat membantu dan bagus sekali, walaupun itu dari anggaran pribadi kuwu dan bukan dari anggaran pemerintah Desa Wangunharja atau pemerintah daerah. (Vicky/Narsita)

Comment