by

Sejumlah Wilayah di Majalengka Banjir

MAJALENGKA, SC- Hujan  yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Majalengka, sejak dini hari  hingga sore hari Minggu (7/2/2021) menyebabkan banjir di sejumlah daerah, di antaranya di Desa Mekarjaya, Kecamatan Kertajati. Banjir di wilayah tersebut disebabkan meluapnya air Situ Cijingga.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Majalengka, Reza Permana mengatakan banjir terjadi di Dusun Kertamulya, Desa Mekarjaya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, sejak Pukul 12.00 WIB.

Menurutnya, hujan yang terus mengguyur wilayah Majalengka membuat Situ Cijingga meluap dan merendam pemukiman warga dengan ketinggian sekitar 60 sentimeter. 

Selain permukiman, banjir juga merendam ruas jalan Kadipaten-Jatitujuh. Genangan air setinggi 20 sentimeter itu tepatnya di Desa Biyawak, Kecamatan Jatitujuh. 

“Banjir  juga terjadi di Desa Sukamulya, Kecamatan Jatitujuh. Akibatnya area pesawahan dan rumah penduduk terendam dengan ketinggian air mencapai 15 sentimeter. Banjir di lokasi tersebut kata Reza akibat meluapnya Sungai Ciduet,” jelasnya. 

Banjir yang terjadi setelah hujan turun selama berjam-jam juga terjadi di Desa Bantarjati, Kecamatan Kertajati. Ketinggian air yang merendam permukiman warga di daerah sekitar 30 centimeter.

BACA JUGA: Warga Terancam, Sejumlah Kampung Dikosongkan

Ia mengimbau kepada warga dan pengendara bermotor agar waspada dan berhati-hati dengan adanya banjir tersebut. Mengingat hingga saat ini intensitas hujan masih tinggi di wilayah Kabupaten Majalengka dan sekitarnya.

“Saat ini kita  fokus untuk evakuasi dan melakukan pemantauan, karena tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa titik yang dilanda banjir,terutama di wilayah Kecamatan Kertajati dan Jatitujuh. Kami pun hingga saat ini masih terus melakukan pengecekan ke beberapa wilayah,” terangnya. (Dins)

Comment