by

FKPAI Ajak Polres Cirebon Kota Sinergi

KOTA CIREBON, SC- Forum Komunikasi Penyuluhan Agama Islam (FKPAI) Kota Cirebon melakukan kunjungan dan silaturahmi kepada jajaran Polres Cirebon Kota. Ketua FKPAI Kota Cirebon, Harmoko mengatakan, kunjungan tersebut bertujuan untuk memupuk sinergitas dan komunikasi dua arah antara FKPAI dengan aparat kepolisian setempat. Menurut Harmoko, koordinasi dan kolaborasi kedua belah pihak perlu dibangun untuk mewujudkan masyarakat Kota Cirebon yang aman dan tertib.

“Saat ini FKPAI memiliki 41 anggota, dengan kriteria di antaranya seperti penyuluh keluarga sakinah, pengelolaan zakat, pemberdayaan wakaf, kerukunan agama, advokasi, penangkalan radikalisme dan intoleran, ada juga pemulasaraan jenazah,” kata Harmoko, saat memberikan penjelasan kepada AKBP Imron Ermawan, di Aula Catur Prasetya Polres setempat, Jumat (26/2/2021).

Harmoko menyebut, hal yang lebih ditekankan yaitu bagaimana upaya untuk menangkal pemikiran radikalisme dan intoleransi yang terjadi di masyarakat. Untuk itu, katanya, di sinilah perlunya kerja sama dan kolaborasi antara FKPAI dengan Polres Cirebon Kota.

“Tugas kami utamanya menyampaikan program pemerintah kepada masyarakat melalui mimbar Jumat, salah satu anggota kami juga ada yang menjadi Dai Kamtibmas. Adapun kantor sekretariat kami berada di tiap-tiap KUA di Kecamatan se-Kota Cirebon,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota, AKBP Imron Ermawan menyambut baik kunjungan FKPAI tersebut. Menurutnya, kunjungan tersebut merupakan hal yang positif bagi kedua belah pihak untuk bersinergi dalam memberikan edukasi atau penyuluhan kepada masyarakat, agar terciptanya lingkungan yang aman dan tertib.

“Alhamdulillah kita semua bisa bersilaturahmi dan kami harapkan silaturahmi ini bukan yang terakhir, namun akan terus berlanjut untuk meningkatkan tali silaturahmi dan menciptakan hubungan yang baik kedepannya,” kata Imron Ermawan.

BACA JUGA: Pemuda Muhammadiyah Gelar Musyda VI

Selain tugas sebagai penyuluh untuk keagamaan, Imron juga meminta kepada FKPAI agar dapat menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan, untuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kiranya agar FKPAI secara sinergi dapat membantu mengingatkan masyarakat tentang pentingnya mentaati protokol kesehatan demi menjaga keselamatan masyarakat,” pungkas Imron. (Yusuf)

Comment