by

Politeknik LP3I Cirebon Miliki Divisi C&P

KABUPATEN CIREBON, SC- Kampus Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Cabang Cirebon, dengan Tagline Berani Punya Skill, memiliki Divisi Cooperation and Placement (C&P) sebagai implementasi taglinenya, yaitu divisi yang memiliki tanggung jawab dalam mempersiapkan dan membantu mahasiswa memasuki dunia kerja serta membuka komunikasi dan kerjasama dengan pihak Industri Dunia Kerja dan Dunia Usaha(IDUKA) dalam upaya penempatan kerja bagi mahasisa ke dalam IDUKA.

“Proses penempatan magang dan penempatan kerja kami intensifkan pada mahasiwa-mahasiswi di Semester V,” jelas Kepala C&P Politeknik LP3I Cirebon, Husni Fadillah, S.Kom, saat ditemui Suara Cirebon, Senin (01/03).

Menurut Husni, Selain dimaksimalkan pada mahasiswa Semester V,  pihak C&P juga memberikan pelatihan dan pembekalan sejak dini yang dinamakan program Soft Skill (keahlian ringan) kepada mahasiswa Politeknik LP3I dari semester 1, dimana program ini merupakan agenda rutin yang digelar per semester.

Tujuan, lanjut Husni, memberikan wawasan sejak awal mengenai kebutuhan dunia kerja yang uptodate (terkini) kepada mahasiswa dengan menghadirkan pembicara dan mentor dari kalangan para praktisi dari IDUKA yang sudah berpengalaman dan sudah bekerjasama dengan Politeknik LP3I Kampus Cirebon.

“Indocement, Auto 2000, RS Sumber Kasih, dan BFI Finance Cabang Cirebon merupakan beberapa IDUKA yang sudah menjalin kerja sama dengan kami,” jelas Husni.

BACA JUGA: Sema dan Dema FUAD IAIN Cirebon Gelar Raker

Disebutkan Husni, tantangan yang dihadapi dalam masa pandemi yang masih melanda Kabupaten Cirebon dewasa ini adalah iklim IDUKA yang masih belum pulih dari efek domino pandemi yang terjadi semenjak 1 tahun yang lalu, sehingga mengakibatkan penurunan dari IDUKA dalam kebutuhan rekruitment Sumber Daya Manusia (SDM) baru,  sehingga membuat dirinya harus lebih proaktif dalam membuka peluang dan membaca momentum,  dengan lebih jeli dalam melakukan penjajakan, komunikasi dan kerjasama dengan IDUKA.

“Semoga pandemi cepat berakhir, sehingga iklim dunia usaha bisa kembali pulih seperti semula,” tutup Husni. (Rachman)

Comment