by

Simulasi PTM Diperkirakan Pertengahan Ramadhan

KABUPATEN CIREBON, SC- Bupati Cirebon, H Imron MAg menyebut simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk 120 sekolah yang terdiri dari TK, SD dan SMP akan dimulai bulan April ini. Namun, kepastian waktu dimulainya simulasi tersebut diserahkan kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Cirebon.

Menurut Imron, rencana simulasi TPM tersebut berdasarkan keputusan pemerintah pusat yang memperbolehkan daerah melakukan TPM jika sudah masuk zona hijau atau kuning.

“Diperbolehkan, asal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Nanti Satgas Covid-19 akan turun untuk memantau penerapan protokol kesehatan yang diterapkan pihak sekolah,” ujar Imron usai memimpin rapat rencana simulasi TPM dengan Disdik, Satgas Penanganan Covid-19 dan Forkopimda Kabupaten Cirebon, di ruang Paseban Setda, Kamis (8/4/2021).

Rencana simulasi untuk 120 sekolah yang meliputi 40 TK, 40 SD dan 40 SMP itu, lanjut Imron, masing-masing tingkatan sekolah di tiap kecamatan hanya satu sekolah yang mengikuti simulasi TPM. Kehadiran siswanya pun, lanjut Imron, maksimal hanya 16 siswa per kelas.

“Nanti teknisnya oleh Disdik, diperbolehkan atau tidaknya (TPM, red) setelah melihat protokol kesehatan pada sekolahnya,” kata Imron.

BACA JUGA: Kadisdik Kota Cirebon: PTM Digelar Serentak Juli

Di tempat yang sama, Kepala Disdik Kabupaten Cirebon, H Asdullah Anwar, mengatakan, rapat tersebut merupakan rapat lanjutan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Pada rapat sebelumnya, kata dia, simulasi akan dilakukan selama empat hari dengan sistem TPM satu hari masuk dan satu hari tidak masuk.

“Tapi ternyata dari hasil rapat tadi, itu tidak bisa dilanjutkan karena masih banyak hal yang harus diperbaiki, jadi belum bisa dilaksanakan. Kita juga harus koordinasi dengan Dinkes, daerah mana yang diperbolehkan simulasi TPM,” papar Asdullah.

Menurutnya, hasil rapat tersebut masih akan ditindaklanjuti dengan rapat kecil antara pihaknya, Bupati dan Forkopimda dalam waktu dekat. Namun, Asdullah memprediksi waktu pelaksanaan TPM akan dilakukan pada pertengahan Ramadhan ini. Karena simulasi TPM menjadi sebagai persiapan TPM yang akan dilaksanakan secara nasional pada Juli mendatang. (Islah)

Comment