by

Safari Ramadhan Perdana, Bupati Cirebon Salurkan Bantuan

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintah Kabupaten Cirebon kembali menggelar kegiatan Safari Ramadhan pada tahun 2021 ini. Sebelumnya, pada tahun 2020 kemarin kegiatan Safari Ramadhan ditiadakan mengingat pandemi Covid-19 tengah meninggi.

Pada Safari Ramadhan perdana kali ini, Bupati Cirebon, H Imron MAg didampingi Wakil Bupati (Wabup) Cirebon, Hj Wahyu Tjiptaningsih dan rombongan menyambangi Masjid Nurul Bayan, Desa Setu Kulon, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Senin (19/4/2021).

Dimana, desa tersebut menjadi desa pertama yang disambangi dari rencana lima desa di lima kecamatan lainnya dalam Safari Ramadhan tahun ini.

“Membantu fakir miskin dan anak yatim serta duafa adalah tanggung jawab kita bersama. Semua akan cepat selesai dan semakin baik jika semua pihak ikut berkontribusi dan bertanggung jawab dengan kondisi yang terjadi,” kata Bupati dalam sambutannya.

Imron mengatakan, Safari Ramadhan ini dilakukan sebagai cara untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah Daerah (Pemda) dengan masyarakat di Desa Setu Kulon.

“Berhubung saat ini masih pandemi, acara hanya dilakukan sebatas buka puasa bersama saja,” kata Imron.

Selain itu, kegiatan tersebut juga sebagai ajang untuk menyosialisasikan program yang saat ini tengah dijalankan untuk kepentingan masyarakat. Penyampaian pun dilakukan secara singkat, tidak disertai dengan diskusi seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Pada Ramadhan tahun ini, kata Imron, Pemerintah Kabupaten Cirebon menyalurkan bantuan kepada pemerintah desa untuk musala, masjid dan guru ngaji.

“Selain bantuan untuk masjid, kami juga memberikan bantuan untuk warga yang membutuhkan,” kata Imron.

Besaran bantuan yang disalurkan yakni sebesar Rp6,26 miliar. Dengan rincian, sebesar Rp5 juta untuk santun anak yatim dan Rp5 juta bagi kaum duafa. Anggaran tersebut dihimpun langsung oleh Badan Amil Zakat Nasioanal (Baznas) Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA: Bupati Cirebon Anjurkan THR Diberikan Penuh

Bantuan sebesar Rp6,25 miliar tersebut disalurkan oleh pemerintah sebesar Rp75 juta untuk bantuan di lima masjid yang menjadi lokasi safari Ramadhan. Kemudian, sebesar Rp2,47 miliar untuk bantuan masjid di 412 desa. Dimana, masing-masing masjid mendapatkan bantuan sebesar Rp6 juta. Sedangkan untuk musala, mendapatkan Rp3 juta.

Sementara untuk guru ngaji di Kabupaten Cirebon, pemerintah menyalurkan anggaran sebesar Rp1,23 miliar. Setiap desa, ada 10 guru yang mendapatkan bantuan sebesar Rp300.000. (Islah)

Comment