by

Fasilitasi Mahasiswa Magang, Kadin Kota Cirebon dan UGJ Teken Kerja Sama

CIREBON, SC- Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Cirebon menandatangani kerja sama dengan Universitas Swadaya Gunungjati (UGJ) di ruang rapat rektor kampus setempat, Jumat (23/4/2021).

Ketua Harian Kadin Kota Cirebon, Ismayasari mengatakan, kerja sama tersebut terkait berbagai hal, seperti salah satunya pemagangan mahasiswa melalui program khusus, yaitu Kadin Education Solution yang dimiliki Kadin Kota Cirebon.

“Khusus mahasiswa, Kadin Kota Cirebon memiliki program Kadin Education Solution dan Edukasi Center Kota Cirebon. Jadi mahasiswa pun bisa magang dengan difasilitasi program tersebut,” kata Ismayasari.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya pun memaparkan sejumlah program kerja lainnya. Namun, jelas Ismayasari, sejumlah program tersebut dibutuhkan sinergitas dari berbagai pihak agar perubahan ke arah yang lebih baik dapat terwujud.

BACA JUGA: Hibah Lahan UGJ Tak Bisa Dilanjut

“Kadin ini punya 7 program sampai masa jabatan 2025. Kita ingin membuat sistem yang memfasilitasi para pelaku usaha, termasuk UMKM. Fasilitas ini sedang dibuat. Untuk itu praktisi, akademisi, dan regulasi harus sama-sama agar program ini dapat berjalan,” ujarnya.

Menariknya, kata Ismayasari, dari kerja sama dengan UGJ ini, pihaknya menerima masukan-masukan untuk mempercepat terobosan melalui program yang telah dicanangkan Kadin Kota Cirebon.

“Contohnya inisiasi dari Pak Rektor (UGJ) agar terciptanya Edu Praktisi Centre Kadin Kota Cirebon yang di dalamnya akan ada program pemagangan ke dunia kerja untuk mahasiswa,” terangnya.

Sementara itu, Rektor UGJ, Mukarto mengungkapkan, pihaknya siap melakukan kerja sama dengan Kadin Kota Cirebon, seperti khususnya untuk memfasilitasi mahasiswa melakukan magang di dunia industri.

“Kami siap bersama-sama agar bisa terwujud. Kadin nanti bisa memfasilitasi perguruan tinggi untuk magang khususnya di wilayah Kota Cirebon dan itu akan mengangkat performa kedua belah pihak, yaitu Kadin dan perguruan tinggi,” tuturnya dalam pertemuan.

BACA JUGA: Berdayakan Tenaga Spesialis, Kadin Kota Cirebon dan STTC Bahas Kerja Sama

Apa lagi, imbuh Mukarto, saat ini tengah digencarkan program kampus merdeka dan merdeka belajar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga, kerja sama ini dapat memperlancar terlaksananya program tersebut.

“Dalam dunia itu, dalam tanda petik kita harus berkawin dengan dunia usaha, dunia industri dan Kadin mewadahi dunia tersebut. Untuk itu, kita merasa beruntung bisa bekerjasama dengan Kadin,” ujarnya. (Arif)

Comment