by

Penjual Timun Suri Laris Manis

KOTA CIREBON, SC- Di bulan Ramadhan ini, selain penjual kolak dan hidangan takjil, buah timun suri pun banyak diburu masyarakat. Akibatnya pedagang timun suri yang kebanyakan musiman itu laris manis jualannya. Seperti diakui Adnan, setiap Ramadhan kerap meraup keuntungan dengan menjual buah timun (bonteng, red) suri.

“Soalnya kan banyak yang nyari buat pelengkap es buah jadi ya laris manis dan laku terus,” kata Adnan saat ditemui di lapaknya, Kamis (22/4/2021).

Adnan menyebutkan, satu timun suri kecil dijualnya Rp10 ribu, sedangkan untuk timun suri besar dijualnya Rp25 ribu.

“Ikut harga umum saja, per kilo 10 ribu,” kata pria asal Harjamukti itu.

Untuk di lapaknya saja, sehari ia bisa menjual 50-100 buah timun suri kepada pembeli secara eceran. Sedangkan selebihnya diborong pedagang.

Pedagang timun suri lainnya, Nur Khotimah, mengakui sudah berjualan timun suri, sejak minggu pertama Ramadhan. Ia mengaku sehari-hari berjualan buah seperti salak, jeruk, manga, apel dan lain-lain. Tetapi selama Ramadhan memilih berjualan timun suri karena banyak dicari oleh pembeli.

“Hari biasa saya tidak menyediakan timun suri, karena ini bulan puasa maka ditambah timun suri sebab banyak dicari,” ungkapnya.

BACA JUGA: Harga Daging Ayam Naik, Omzet Turun

Menurut dia, larisnya timun suri pada bulan puasa karena buah tersebut memiliki kelebihan untuk dijadikan bahan minuman berbuka puasa.

“Buah ini cukup mudah mengolahnya cukup dengan menambah sirup, sudah dapat digunakan sebagai pelengkap minuman berbuka puasa atau dibuat es buah,” katanya. (Surya)

Comment