by

Polemik Kembali Mencuat, Uu Singgung Pendopo Kabupaten Cirebon, Pemprov Jabar Iming-imingi Bangun Baru

KOTA CIREBON, SC- Isu aset milik Pemerintah Kabupaten Cirebon yang berada di pusat Kota Cirebon, kembali mencuat. Aset yang dimaksud yakni Rumah Dinas (rumdin) Bupati Cirebon atau yang lebih popular disebut Pendopo Kabupaten Cirebon yang berada di Jalan Kartini seberang Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon.

Mencuatnya isu tersebut, dipicu pernyataan Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar), Uu Ruzhanul Ulum, saat kunjungan kerja ke Kota Cirebon dalam rangka safari Ramadhan.

“Kami sudah mendengar kalau aset Kabupaten Cirebon (Pendopo) adanya di kota,” kata Uu, saat Safari Ramadhan di Kelurahan Karya Mulya, Jumat (23/4/2021).

Diakui Uu, polemik soal Pendopo Kabupaten Cirebon itu sudah berlangsung sejak dulu, bahkan sudah beberapa kali ganti kepala daerah itu belum juga dapat terselesaikan. Menurutnya, Pemprov Jabar akan turun langsung menyelesaikan persoalan tersebut.

“Solusinya pemprov memberikan bantuan kepada kota tapi berada di kabupaten. Nanti Pendopo diserahkan ke provinsi, selanjutnya provinsi akan menukar aset,” jelas Uu.

BACA JUGA: Pandemi dan Daging Beku Pukul Pedagang Daging Sapi Lokal

Terpisah Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, meminta penyelesaian persoalan Pendopo Kabupaten Cirebon tidak diselesaikan dengan terburu-buru.

“Harus ada pengganti dulu, jangan terburu-buru yang penting bisa selesai persoalannya,” kata Azis.

Selain itu, lanjut Azis, sebelum adanya tukar guling aset ini, harus terlebih dahulu membangun pendopo baru di wilayah Kabupaten Cirebon.

“Itu pun jika Pemprov Jabar mengabulkan. Jika tidak harus ada solusi lain yang tidak merugikan kedua belah daerah,” ujarnya. (Surya)

Comment