by

Peningkatan Mobilitas Diprediksi sebelum 6 Mei dan sesudah 17 Mei

KABUPATEN CIREBON, SC- Kendati ada larangan mudik dari pemerintah, namun peningkatan kendaraan menjelang Lebaran diprediksi tetap bakal terjadi. Bahkan, mobilitas masyarakat yang melintasi ruas tol disinyalir akan ada peningkatan dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, terutama sebelum tanggal 6 Mei dan sesudah tanggal 17 Mei 2021. Hal itu dikatakan Direktur Operasi Astra Tol Cipali, Agung Prasetyo, kepada sejumlah wartawan, Kamis (29/4/2021).

“Prediksi volume kendaraan memang hampir sama dengan tahun 2020, karena adanya larangan mudik. Tapi ada kenaikan sebelum dan sesudah larangan mudik itu,” kata Agung.

Menurut Agung, prediksi kenaikan tersebut sekitar 26 persen dari tahun 2020 karena perbedaan lamanya waktu penyekatan. Ia menyebut, prediksi tersebut mengacu pada hari biasanya.

Pada tahun 2020 kemarin, kendaraan yang melintas di GT Palimanan hanya 20.000 unit per hari.  Namun, pada tahun 2021 naik menjadi 34.000 kendaraan. Jika dibandingkan dengan tahun 2019, kata dia, prediksi itu ada penurunan cukup tajam, yakni 68 persen.

Agung menjelaskan, puncak arus kendaraan diprediksi terjadi setelah pengetatan dan larangan mudik, yaitu H-8 sebelum Lebaran dan H+9 setelah Lebaran dan H-8 sebelum lebaran dengan prediksi puncak hanya 4.4000 kendaraan.

Dia menambahkan, sebagai unsur pendukung, Astra Tol Cipali tetap meningkatkan kesiagaan di sejumlah aspek dalam melayani masyarakat. Khususnya bagi para pengguna jalan, ia meminta agar melakukan aktivitas perjalanan dengan mematuhi protokol kesehatan dan peraturan pemerintah yang berlaku selama periode masa larangan mudik berlangsung.

BACA JUGA: Dishub Wacanakan Parkir Berlangganan

“Pengaturan lalu lintas juga dilakukan di gerbang sayap seperti di Gerbang Tol Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati dan Gerbang Tol Sumber Jaya. Kami juga menyiapkan manajemen pengaturan arus lalu lintas apabila terjadi lonjakan volume pada H-8 dan H+10 Lebaran 2021,” terangnya.

Selain itu, Astra Tol Cipali juga siap memberikan pelayanan maksimal melalui berbagai upaya peningkatan fasilitas dan infrastruktur di berbagai bidang. Astra Tol Cipali siap memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan dengan memaksimalkan pengoperasian 29 gardu yang akan disesuaikan dengan kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Palimanan Utama. (Islah)

Comment