by

Puluhan Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon Ikut Uji Kompetensi

KABUPATEN CIREBON, SC- Pelaksanaan rotasi dan mutasi jabatan eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon segera dilakukan. Rencananya rotasi dan mutasi akan digelar setelah Hari Raya Idul Fitri nanti.

Sebanyak 26 aparatur sipil negara (ASN) yang masuk jenjang jabatan tinggi pratama (eselon II) juga telah mengikuti uji kompetensi.

Kabid Mutasi dan Kepangkatan BKPSDM Kabupaten Cirebon, Ade Nugroho Yuliarno SSTP menyampaikan, seluruh jabatan eselon II mengikuti assessment. Namun, ada pengecualian bagi mereka yang akan pensiun di tahun ini.

“Ada dua pejabat eselon II yang tidak ikut assesment. Mereka adalah, Kadis Kominfo Harry Safari dan Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, dr Hj R Triyani Judawinata,” kata Ade, kemarin.

Dari 26 eselon II, lanjut dia, dalam pelaksanaan uji kompetensi di bagi menjadi lima kelompok. Masing-masing kelompok lima orang, ada juga yang enam cuma satu. Karena jumlah peserta ada 26 orang.

Ia menjelaskan, syarat untuk mengikuti uji kompetensi ini,  minimal sudah menduduki jabatan di eselon II selama satu tahun. Pada kegiatan uji kompetensi ini dipastikan seluruh eselon II mengikuti kegiatan tersebut.

“Kalau yang belum setahun menjabat sebagai di eselon II tidak diikutsertakan,” ujarnya.

BACA JUGA: Tak Dapat Pendopo Kabupaten Cirebon, Gedung Negara pun Jadi

Menurut dia, pada pelaksanaan uji kompetensi ini pihaknya melibatkan 10 orang tim asesor yang akan menilai secara langsung hasil uji kompetensi yang diikuti oleh 26 orang jabatan eselon II.

“Dalam uji kompetensi ini akan digali kemampuan masing-masing peserta melalui LGD (Leadership Group Discusion),”  tegasnya.

Dari hasil uji kompetensi ini, kata dia, ditargetkan diketahui hasilnya pada Sabtu mendatang.

“Kita targetkan hari Sabtu udah keluar hasilnya dari pelaksanaan ini,” pungkasnya. (Joni)

Comment