by

Waduk Waled Asem Cirebon Solusi Atasi Banjir

KABUPATEN CIREBON, SC- Tim dari  Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Provinsi Jawa Barat bersama perwakilan Dinas PUPR Kabupaten Cirebon, meninjau lokasi yang rencananya akan dibangun waduk di Desa Waled Asem, Kecamatan Waled, Kamis (29/04).

Kuwu Waled Asem, Yanto menyampaikan kedatangan tim dari BBWS Provinsi Jawa Barat berserta perwakilan PUPR Kabupaten Cirebon, untuk meninjau lokasi pembangunan waduk yang ada di desanya.

“Kunjungan ini pun bukan kali pertama, sebelumnya pun sudah ada kunjungan awal, mudah-mudahan ini menjadi awal yang positif demi terwujudnya pembangunan waduk di Waled Asem,” kata Yanto kepada Suara Cirebon.

BACA JUGA: Hibah Lahan UGJ Tak Bisa Dilanjut

Waduk itu rencanya akan dibangun di lahan seluas 28 hektare, dengan luas waduk sekitar 10 hektare. Menurut Yanto, lahan yang digunakan untuk pembangunan waduk tersebut milik dua desa, yakni Desa Waled Asem dan Waled Desa, Kecamatan Waled.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Waled Desa dan tidak ada permasalahan,” imbuhnya.

Menurutnya dengan adanya pembangunan waduk akan banyak sekali manfaat bagi masyarakat Kecamatan Waled dan sekitarnya.

Selain itu menurut Yanto, waduk takan menampung air dari Sungai Ciberes yang selama ini mengakibatkan banjir di beberapa desa di Kecamatan Waled. Hal itu dikarenakan Sungai Ciberes tidak mampu menampung debit air, sehingga meluap kepermukiman.

BACA JUGA: Pemdes Wajib Pampang Baliho Penggunaan Dana Desa

“Dengan adanya pembangunan waduk ini kami berharap ke depan mampu mengurangi potensi banjir yang sudah menjadi tradisi tahunan saat memasuki musim penghujan tiba,” ujar yanto

Selain itu pihaknya ke depan akan menjadikan waduk sebagai agro wisata baru yang akan mendongkrak sektor ekonomi masyarakat. Menurutnya, waduk itu sendiri akan dapat meningkatkan sumber Pendapatan Asli Desa (PAD) dengan mengesplor berbagai potensi yang ada. (Baim)

Comment