by

Pemdes Citemu Gelar Musdesus

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintahan Desa (Pemdes) Citemu Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, mengadakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) terkait verifikasi dan validasi data (jompo) calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021, Sabtu (01/05/2021) malam.

Kegiatan Musdesus ini bersama perawakilan Kecamatan Mundu, BPD, RT,RW, Puskesos, pendamping desa, dengan tetap mengedepankan protokoler kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

Penjabat Kuwu Citemu, Rohmat, menyampaikan Musdesus ini diadakan untuk menentukan penerima BLT-DD tahun 2021, dan dilakukan harus sesuai dengan aturan dan prosedur yang sudah ditentukan, yakni data yang diusulkan oleh setiap RT maupun RW harus benar-benar valid dan harus sesuai realita di lapangan.

Data tidak ada rekayasa, sambung dia, sehingga tidak ada anggapan yang keliru dari masyarakat, bahwa penerima BLT-DD ini ada unsur hanya golongan tertentu saja atau dikarenakan ada kedekatan.

“Jadi RT dalam mengusulkan data penerima harus skala prioritas, dan jangan ada penerima ganda, artinya kalau sudah menerima bantuan dari sumber lain ya jangan di ajukan,” ujarnya.

Lanjut Rohmat BLT-DD ini diperuntukan bagi masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan bantuan lainnya, sehingga apa yang diusulkan oleh RT maupun RW harus benar-benar valid dan tidak ada penerima ganda dalam mengajukan usulan.

Rohmat pun menambahkan sebagai transparansi informasi yang harus diketahui oleh publik, pihaknya akan mempublikasikan data penerima BLT-DD, dengan demikian tidak ada penafsiran yang keliru di masyarakat.

“Alhamdulillah dalam Musdesus telah disepakati sebanyak 100 KPM, dan setiap KPM akan mendapatkan sebesar Rp300 ribu,” paparnya. 

Sementara menurut ketua BPD Citemu, Lukman Nurhakim didampingi ketua Puskesos Wasna, menjelaskan, bahwa BLT dari Dana Desa diberikan kepada warga harus tepat sasaran sehingga penerima BLT-DD harus akurat biar tidak ada kesenjangan ekonomi dampak Covid-19.

“Sebanyak 100 KPM telah disepakati, dan akan mendapatkan Rp300 ribu rupiah,” tandasnya.

BACA JUGA: Kuwu Cirebon Timur Gelar Bukber

Sementara Camat Mundu, H. Anwar Sadat mengatakan Musdessus merupakan finalisasi dari draft penerima BLT-DD yang sebelumnya telah dicatat oleh desa. Hasil Musdesus di Desa Citemu sudah diputuskan, dan telah disepakati dalam musyawarah yang dilakukan bersama semua pihak. 

“BLT-DD diberikan dalam rangka untuk membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi  sehingga dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19,” harapnya. (Baim)

Comment