by

Waspadai Klaster Belanja Lebaran

KABUPATEN CIREBON, SC- Tradisi masyarakat setiap jelang Lebaran yang ramai-ramai memburu pakaian baru terjadi hampir semua pusat perbelanjaan maupun pasar tradisional yang menyediakan beragam jenis sandang dan pakaian baru.

Tak terkecuali, keberadaan pasar sandang terbesar di Asia Tenggara, yakni Pasar Sandang Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, yang menjadi tujuan masyarakat dari berbagai daerah dalam pemenuhan kebutuhan sandang jelang lebaran. Kerumunan masyarakat saat belanja pakaian di pasar tersebut. dikhawatirkan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Menanggapi hal itu, Bupati Cirebon, H Imron MAg mengaku sudah meminta kepada Satgas Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan dan tingkat desa untuk turun bersama-sama dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dari klaster belanja.

“Berkaca dari Pasar Tanah Abang (Jakarta, red), makanya sebelumnya satgas kecamatan dan desa yuk sama-sama kita turun. Mudah-mudahan tidak terjadi (klaster belanja, red),” kata Imron kepada Suara Cirebon, Senin (3/5/2021).

BACA JUGA: Penyekatan Dinilai Efektif Kendalikan Covid-19

Karena itu, Imron meminta kepada masyarakat agar bisa bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19. Caranya, dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan sesering mungkin, menjaga jarak, menghindari kerumunan saat belanja di pasar tersebut.

“Kita bersama Satgas bekerjasama dengan masyarakat agar ekonomi tetap jalan tapi prokes tetap diterapkan. Karena kesehatan itu utama dan ekonomi juga utama. Jadi sama-sama, bagaimana kita bekerja meningkatkan ekonomi tapi kesehatan tetap dijaga,” ungkapnya. (Islah)

Comment