by

Agung Serap Aspirasi Warga Kecamatan Harjamukti, Senderan Sungai Sikadal yang Ambruk Sudah Diperabaiki

KOTA CIREBON, SC- Senderan Sungai Sikadal masuk wilayah RW 05 Penyuken, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon yang ambruk akibat hujan kini sudah diperbaiki.

Diperbaikinya senderan Sungai Sikadal itu membuat masyarakat setempat tenang dan tidak merasa khawatir saat musim hujan tiba. Hal ini tidak tak lepas dari perjuangan Anggota DPRD Kota Cirebon, Agung Supirno yang terpilih dari Dapil Harjamukti.

Dikatakan Agung, aspirasi warga langsung disikapi dengan meminta dinas terkait untuk segera melakukan perbaikan. Terlebih lokasi itu dekat dengan kediamannya.

“Lihat sendiri bagaimana nasib warga sejak senderan jebol, tapi sekarang sudah tenang karena sudah diperbaiki,” tuturnya.

Rencana selanjutnya, kata Agung, akan dilakukan normalisasi di Sungai Sikadal. Hal ini harus segera dilakukan karena sedimentasi di sungai ini cukup tebal.

“Jika tidak maka dikhawatirkan senderan kembali jebol. Sudah koordinasi dengan dinas nanti segera dilakukan normalisasi,” ujarnya.

BACA JUGA: Pimpinan DPRD Kota Cirebon Serap Aspirasi, Persyaratan Rutilahu Banyak Dikeluhkan Warga

Sementara, Ketua RW 05 Penyuken, Hasyim Anwar mengaku, ambruknya senderan Sungai Sikadal beberapa waktu itu disebabkan tidak mampu menahan debit air saat hujan deras. Apalagi sungai ini menampung air dari tiga sungai di sekitarnya.

“Hujan seharian, debit sungai tidak mampu menampung debit air dari Sungai Silayar, Melangse, dan Pelandakan,” kata Hasyim kepada wartawan, Ahad (9/5/2021).

Akibatnya, jembatan di dekat senderan Sungai Sikadal ambruk dan hampir merusak rumah warga sekitar. Bukan hanya itu, sebelum diperbaiki, wilayah tersebut pun kerap dilanda banjir saat musim hujan. (Surya)

Comment